Sepak Bola

Juventus Pincang,Barcelona di Atas Angin

Selasa, 12 September 2017 03:33 WIB Penulis: Nurul Fadillah

AP/Alessandro Di Marco

TANTANGAN berat menanti Juventus saat melakoni laga perdana di Liga Champions 2017 musim ini. Tim raksasa Spanyol, Barcelona, sudah bersiap menjegal langkah Juve pada pertemuan yang berlangsung Rabu (13/9) dini hari nanti di Stadion Camp Nou, Barcelona. Manajer 'si Nyonya Tua', Massimiliano Allegri pun tampaknya tak bisa menyembunyikan kekhawatiran atas kondisi krisis pemain yang dialami timnya kali ini.

Empat pemain utama yang seharusnya bisa menjadi penyokong kekuatan tim, kini harus menepi karena dibekap cedera. Marko Pjaca, Sami Khedira, dan Claudio Marchisio dipastikan tidak tampil karena masih dalam tahap pemulihan. Ditambah lagi Giorgio Chiellini didera cedera lutut yang didapatnya kala bermain bersama timnas Italia, pekan lalu. Allegri sudah mencoba menurunkan Chiellini pada laga kontra Chievo Verona yang berakhir dengan kemenangan 3-0. Akan tetapi, kondisi lututnya yang belum pulih membuat Chiellini hanya bermain selama 30 menit dan kembali diistirahatkan.

Kondisi Alex Sandro dan Mario Mandzukic juga sempat mengkhawatirkan. Menurut Allegri, Sandro terserang demam saat timnya bertanding melawan Chievo. Di sisi lain, Madzukic juga terkilir di menit-menit akhir laga tersebut. Meski demikian, keduanya masih berpeluang dimainkan jika sudah benar-benar pulih pada laga akbar nanti. Allegri pun mengakui krisis di lini pertahanan timnya membuatnya sulit menentukan formasi yang pas.

Situasi kali ini membuat Juve kesulitan mengulangi kesuksesan membekuk Barca 3-0 di babak perempat final Liga Champions musim lalu. "Saya tidak tahu formasi apa yang akan kami gunakan karena Juan Cuadrado juga tidak dapat tampil. Saya harus melihat dulu bagaimana latihan di hari pertandingan sebelum memutuskan," ujar Alegri. Andrea Barzagli, yang menjadi bek paling berpengalaman di kubu Juve dengan absennya Chiellini dan kepindahan Leonardo Bonucci ke AC Milan, menyatakan laga itu menjadi ajang pembuktian.

"Ini adalah permainan dengan prestise yang luar biasa. Jika dibandingkan dengan lima bulan lalu, pertaruhan di sini jelas berbeda. Saat itu ialah babak perempat final dan sekarang ini pertandingan yang memperebutkan 3 poin penting di babak penyisihan," ujar Barzagli.

Balas dendam
Di kubu Barcelona, kemenangan harus diraih untuk membalas dendam kekalahan di perempat final musim lalu. Barca telah mengalahkan Juve dengan skor 2-1 pada Juli silam. Namun, itu terjadi di ajang International Champions Cup 2017, laga pemanasan sebelum kompetisi. Kekuatan Barcelona memang berkurang dengan hijrahnya Neymar ke Paris Saint-Germain. Namun, anak asuhan Ernesto Valverde menunjukkan masih bertaji dengan menang 5-0 atas klub sekota, Espanyol, akhir pekan lalu.

Kemenangan itu juga ditandai debut gemilang bintang baru Ousmane Dembele. Dukungan 99 ribu penonton yang memadati Camp Nou bakal kian memacu permainan Messi dan kawan-kawan. Menjadi lengkap jika mereka mampu mengalahkan Juventus sebagai pembuka perjalanan di Liga Champions musim ini. Apalagi tim tamu datang dengan kekuatan yang pincang. (AFP/Goal/R-1)

Komentar