Otomotif

Melintasi Tiga Negara Kijang dan Avanza-Veloz

Kamis, 7 September 2017 05:46 WIB Penulis: Ghani Nurcahyadi

DOK. TAM

DUA komunitas pengguna kendaraan Toyota, Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) dan Velozity sukses menempuh perjalanan sepanjang 3.000 km (kilometer) melintasi tiga negara dalam Turing Kemerdekaan (Independence Day Journey) tiga negara (Indonesia-Malaysia-Brunei Darussalam), pada Agustus lalu. Hal itu menjadi bukti ketangguhan dua model mobil segmen multipurpose vehicle (MPV) Toyota yang kini menguasai pasar di Tanah Air. Perjalanan yang dimulai di Pontianak, Kalimantan Barat, pada 12 Agustus dan finis di Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam, untuk memperingati Hari Kemerdekaan.

Dalam perjalanan tersebut tidak ditemui adanya permasalahan mesin. Padahal, dalam perjalanan bertajuk Independence Day Journey yang diikuti 11 mobil di antaranya ada mobil lawas yang dibawa TKCI. Rombongan TKCI mengendarai kendaraan enam generasi Toyota Kijang dalam tur tersebut. "Permasalahan paling Kijang Buaya (Kijang generasi pertama) yang kami bawa sempat lampu depannya mati karena masalah dinamo. Tapi karena komitmen kami untuk terus jalan, maka selama 600 km mobil Kijang legendaris itu berjalan tanpa lampu depan dengan dikawal satu mobil Veloz dan Kijang selama perjalanan," kata Ketua TKCI, Deni Agus Himawan kepada pers di Jakarta, Selasa (5/9).

Di Brunei, selain merayakan peringatan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus bersama dengan Duta Besar RI, Nurul Qomar, rombongan juga melakukan serangkaian kegiatan, seperti penanaman pohon persahabatan dan melakukan kampanye keselamatan berkendara bersama komunitas Toyota setempat. Rombongan melakukan perjalanan kembali ke Tanah Air pada 20 Agustus dan tiba di Pontianak pada 22 Agustus.

Ketua Umum Velozity, Didi Soenardy, mengatakan perjalanan perdana komunitasnya ke luar Indonesia menjadi bagian dari pembelajaran berharga karena bisa mengenal budaya yang berbeda, khususnya dalam hal tertib berlalu lintas, "Di sana untuk belok kiri saja, kita harus benar-benar menunggu hingga kosong, berbeda dengan di sini kan. Ini jadi pelajaran bagi kita juga," ujarnya.

Terus dukung
Vice President Director PT Toyota Astra-Motor (agen pemegang merek/APM Toyota), Henry Tanoto, menyambut rombongan touring kemerdekaan di Auto2000 Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Selasa (5/9). Pada kesempatan itu, ia mengatakan keberhasilan TKCI dan Velozity semakin membuktikan ketangguhan dua mobil MPV andalan Toyota tersebut yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia.

Dua kendaraan tersebut sejauh ini sudah menembus 3 juta unit penjualan di Indonesia. Hal itu menjadi bukti diterimanya Kijang yang lahir sejak 1977 dan Avanza yang meluncur sejak 2004 oleh masyarakat Indonesia. TAM pun, katanya, akan terus mendukung kegiatan komunitas yang positif bukan hanya bagi Toyota, melainkan juga bagi Indonesia. "Aktivitas seperti ini merupakan inisiatif dari teman-teman komunitas sendiri. TAM pasti mendukung selama kegiatan yang dilakukan itu positif. Kami pun juga mendorong komunitas untuk membuat hal-hal positif. Tapi memang inisiatif selama ini lebih banyak dari teman-teman komunitas sendiri. Kegiatan seperti ini juga jadi salah satu masukan bagi kami dalam mengembangkan produk," tandasnya. (S-1)

Komentar