Teknopolis

Restrukturisasi Selesai, Induk Google Lahirkan XXVI

Ahad, 3 September 2017 21:48 WIB Penulis: Ellavie Ichlasa Amalia

AP Photo/Alan Diaz

PADA tahun 2015, Google mengumumkan bahwa mereka akan melakukan restrukturisasi perusahaan, membagi Google menjadi beberapa bagian. Ketika itu, dibuatlah Alphabet, perusahaan raksasa yang akan membawahi berbagai bisnis utama Google.

Salah satu alasan Google melakukan restrukturisasi adalah karena mereka ingin memisahkan bisnis utama mereka dengan proyek "Other Bets" yang merupakan proyek percobaan yang belum tentu mendapatkan keuntungan. Dengan begitu, lapor Engadget, keuangaan Google akan terpisah dari proyek-proyek tersebut.

Sekarang, Alphabet akhirnya menyelesaikan restrukturisasi perusahaan dengan membuat satu perusahaan baru, yaitu XXVI Holdings Inc. Perusahaan ini akan menjadi perusahaan induk dari proyek-proyek "Other Bets", seperti Waymo, yang berusaha untuk mengembangkan teknologi mobil otonom dan Verily, yang fokus pada perangkat medis dan teknologi digital dalam industri kesehatan.

Sementara itu, Google kini menjadi sebuah LLC (Limited LIability Company) atau perusahaan perseroan terbatas. Namun, Google masih menjadi perusahaan yang bertanggung jawab atas bisnis utama perusahaan seperti Gmail, mesin pencari dan YouTube.

Perubahan ini tidak lebih dari formalitas. "Kami mengubah struktur perusahaan untuk mengimplementasikan perubahan yang kami umumkan ketika Alphabet dibuat pada 2015," ujr juru bicara Alphabet, Gina Weakley Johnson. Perubahan ini tidak akan memengaruhi kendali pemegang saham, operasi atau manajemen. Mengapa perusahaan baru ini dinamai XXVI? Itu adalah angka Romawi untuk 26, jumlah huruf dalam alfabet. (MTVN/OL-8)

Komentar