MI Muda

Pestakan Kemampuanmu Sebelum Memilih Karier!

Ahad, 3 September 2017 03:31 WIB Penulis: */M-1

DOK IHRF

Buat melamar kerja, kini tak hanya surat aplikasi dan daftar riwayat hidup yang perlu dilampirkan, tetapi juga sertifikasi pemetaan bakat atau talent mapping certification.

"Sertifikasi ini akan menjadi bahan pertimbangan yang penting bagi perusahaan karena menginformasikan bakat, potensi dan keterampilan orang yang akan mereka rekrut. Jadi, kemampuan bisa tergambar lengkap, dengan sistem pengujian yang terbukti valid," ujar Endro Prasetyo Aji, Direktur Eksekutif Talents Mapping dalam jumpa Media Indonesia Human Resources Forum (IHRF) 2017 yang akan diselenggarakan pada 6-7 September dengan tema The rising era of Asian leaders: making of local talents into global leaders di Jakarta.

Lulusan universitas yang baru saja masuk ke bursa kerja, pun mereka yang telah punya pengalaman, kata Endro, sama-sama direkomendasikan untuk mengikuti kelas pemetaan bakat dan kemampuan ini. "Akan ada beberapa parameter yang digunakan, dan setelah sertifikasi itu didapat, bisa jadi modal penting sat melamar."

Kelas talent mapping certification itu menjadi salah satu agenda dalam IHRF, selain run and recruit. Acara ini mengombinasikan kegiatan lari dalam konsep yang gembira serta bursa karier dari berbagai perusahaan. Lokasinya di Fx CFD Sudirman Jakarta, Minggu (17/9). "Bursa karier di FX Jakarta terbuka untuk umum, setelah pada pagi harinya dilaksanakan lomba lari 7 Km untuk 1.000 pelari," kata Aryo Wibisono, Presiden Direktur Skyconnections, penyelenggara kegiatan ini.

How To

Kepo dan Attitude, Sama Pentingnya!

Inilah kiat yang dibagikan Endro Prasetyo Aji, Direktur Eksekutif Talents Mapping, tentang kiat sukses anak-anak muda jadi sumber daya manusia yang juara!

- Kembangkan terus keterampilan kamu, dengan belajar konsep dan strategi implementasi. Untuk mereka yang baru lulus, keterampilan ini bisa didasarkan ilmu yang dipelajari serta diperkaya kegiatan-kegiatan di luar akademik yang kamu geluti.

- Selain jago di lapangan, pengetahuan yang mendasarinya harus dikuasai, dengan terus belajar baik dari buku, forum dan yang paling mudah, dari berbagai sumber di internet.

- Attitude, atau perilaku yang baik. Selain harus kreatif dan punya ide-ide segar, karakter-karakter positif seperti sopan, konsisten dan komitmen, wajib terus digali. (*/M-1)

Komentar