Travelista

Surga di Gugusan Terluar Indonesia

Ahad, 3 September 2017 00:46 WIB Penulis: Susanto/M-1

MI/Susanto

BICARA keindahan dan kekayaan negeri ini seakan tiada habisnya. Jika ditarik garis lurus dari Sabang sampai Merauke, semua wilayah Indonesia menyimpan potensi kekayaan bahari dan daratan yang juara.

Tak terkecuali Anambas. Gugusan pulau terluar Nusantara yang berbatasan laut dengan Vietnam, Thailand, Malaysia hingga Singapura tersebut bak surga tersembunyi yang perlu disibak.

Posisi pulau yang berada di ujung utara lautan lepas Indonesia membuatnya samar di mata para penjelajah ataupun penikmat keindahan. Pasir putih, air laut sebening kristal hingga ke dasar, terumbu karang beserta para penghuninya yang masih asri, budayanya hingga keramahtamahan masyarakat yang mudah sekali mene­bar senyum.

Memang, bukan perkara mudah menuju Anambas. Penikmat keindahan harus rela merasakan tamparan ombak lautan lepas selama kurang lebih 8 jam menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Tanjung Pinang menuju Pulau Jemaja, bagian dari gugusan Pulau Anam­bas. Tambahkan lagi barang 2 jam untuk bisa mencapai Pulau Tarempa, yang juga tak kalah indahnya.

Perjalanan laut yang melelahkan dan dibumbui mabuk laut selama beberapa jam itu terbayarkan setibanya di Dermaga Letung, Pulau Jemaja, Anambas. Pulau tersebut menjadi pemberhentian pertama. Tak usah khawatir soal tempat menginap, beberapa hostel siap menampung rasa lelah perjalanan dan penatnya mata selama di perjalanan.

Komentar