Travelista

Bibir Pantai Bertabur Sampah Plastik

Ahad, 3 September 2017 00:31 WIB Penulis: Susanto/M-1

MI/Susanto

ANAMBAS tak hanya menyuguhkan keindah­an pantai beserta lautnya. Sempatkanlah menambah jam terbang petualangan kita dengan mengunjungi Air Terjun Neraja. Dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan menembus lebatnya hutan dan desa-desa transmigran untuk mencapainya.

Potensinya tetap ada, tetapi pemerintah daerah masih perlu berbenah lagi untuk menjadikan tempat itu layak sebagai lokasi wisata. Prasarana jalan yang belum memadai hingga kondisi lokasi seperti toilet yang tidak terawat, bahkan terkesan kumuh, sehingga mengurangi kenyamanan pengunjung.

Selain Air Terjun Neraja, ada satu tempat yang tak kalah menarik, tak jauh dari Pantai Padang Melang. Ada sebuah rumah yang terletak di sisi perbukitan batu yang sangat kontras. Jika bisa dimaksimalkan, rumah tersebut bisa menjadi ikon baru di Jemaja.

Pembenahan Anambas

Anambas memiliki modal yang luar biasa untuk dijadikan surga-surga berikutnya di Indonesia. Selain karena masih banyak area belum terjamah, penduduk pun masih terbilang jarang. Banyak yang perlu dibenahi, mulai prasarana jalan, peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan wisata, hingga hal yang dianggap remeh-temeh.

Satu hal yang cukup mengganggu ialah masih abainya masyarakat akan kebersih­an. Masih banyak sampah yang bertebaran di bibir pantai hingga ke laut dangkal yang masih banyak terumbu karang. Bayangkan saja, saat ber-snorkeling, tentunya tak nyaman jika menjumpai sampah plastik, sisa air mineral, dan kemasan detergen.

Masih ada waktu berbenah untuk mewujudkan eksotisme Anambas yang sebenarnya. (Susanto/M-1)

Komentar