Teknopolis

Bobol Instagram, Hacker Curi Informasi Akun Selebritas

Jum'at, 1 September 2017 01:01 WIB Penulis: Mohammad Mamduh

Thinkstock

SEBUAH celah keamanan dari aplikasi Instagram memungkinkan hacker mencuri nomor telepon dan alamat email dari beberapa akun terkenal.

Berdasarkan keterangan dari pihak Instagram, celah keamanan tersebut ditemukan baru-baru ini dalam API yang menjadi wadah Instagram berkomunikasi dengan aplikasi lainnya. Pihak Instagram menolak menjelaskan lebih rinci, akun siapa saja yang telah dibobol.

Beberapa pihak menduga, hacker tersebut telah berhasil mencuri informasi pribadi salah satu penyanyi yang belum lama ini akunnya dibobol, Selena Gomez. Bukti pendukungnya adalah akun tersebut dibobol dua hari setelah pengumuman dari Instagram ini.

"Kami belum lama ini menemukan seseorang atau lebih dari satu orang mendapatkan akses secara ilegal terhadap infromasi pribadi akun ternama. Lebih spesifiknya, nomor telepon dan alamat email," ungkap Instagram dikutip dari The Verge.

"Tidak ada password yang dibobol, mereka memanfaatkan celah di API. Kami telah memperbaiki celah ini dan mulai menggelar investigasi."

Instagram juga mengatakan telah memberitahu para pemilik akun dengan dengan status verified terhadap kemunkinan kebocoran data yang mereka alami. Para pemilik akun diminta waspada ketika mendapatkan email, telepon, atau pesan singkat dari pihak yang tidak dikenal. Setidaknya dalam satu kasus, hacker bisa memanfaatkan bug dari beberapa akun, walaupun Instagram enggan menjelaskan akun mana saja yang memiliki celah ini. Informasi sensitif berupa nomor telepon dan alamat email bisa menjadi jembatan untuk mendapatkan akses penuh ke akun media sosial. Informasi tambahan, teknik ini tidak hanya berlaku untuk Instagram. (MTVN/OL-8)

Komentar