Travelista

Restoran Ikonik di Indonesia, Kamu Harus Coba Semua!

Kamis, 31 August 2017 15:15 WIB Penulis: RO/Micom

perutgendut.com.au

INDONESIA punya banyak jenis kuliner dari ujung Sabang sampai Merauke. Di beberapa kota tujuan wisata pun banyak restoran ikonik yang banyak dituju wisatawan asing selama berada di sini. Dari semua tempat di bawah ini, mana yang sudah pernah kamu datangi?

Iga Bakar Si Jangkung, Bandung
Konon nggak ada yang bisa ngalahin enaknya iga bakar si Jangkung yang terletak di kota Bandung ini. Rasa iganya sungguh meleleh di lidah, dan bakal bikin ketagihan. Biasanya pembeli meminta tambah dua kali kalau makan di sini. Selain iganya lezat, sambalnya pun mantap.

Zangrandi, Surabaya
Penggemar es krim harus mampir ke Zangrandi kalau main ke Surabaya. Es krim di sini menggunakan resep kuno yang sudah dipakai sejak puluhan tahun yang lalu. Selain itu, Zangrandi juga punya beberapa snack yang jadi favorit pembeli ketika menikmati es krim di sana. Suasana Zangrandi pun khas, dengan nuansa Belanda yang memikat. Panasnya Surabaya nggak akan terasa kalau sudah menikmati es krim di tempat ini.

Toko Oen, Malang
Kota Malang punya toko Oen yang juga menjual es krim dan cake dengan resep kuno. Bangunannya pun kuno, dengan interior sama seperti puluhan tahun lalu ketika pertama kali dibuka. Yang menjadi favorit para turis di toko Oen adalah es krim scoop dan cake blackforestnya. Ada juga beberapa menu lain yang nggak kalah lezatnya di sana, dan suasananya pasti bikin kamu betah banget.

Gudeg Yu Djum, Yogyakarta
Nggak sah rasanya ke Yogyakarta tapi tak mampir makan gudeg. Salah satu yang paling terkenal di Yogyakarta adalah Gudeg Yu Djum, yang sampai dijual di luar negeri dalam bentuk kalengan saking terkenalnya. Makan langsung di kotanya tentu lebih nikmat daripada dalam bentuk kalengan. Tambahkan krecek dan juga ayam suwir agar gudegmu semakin nikmat.

Warung Mak Beng, Bali
Bukan sebuah restoran mewah, tapi warung ini sangat terkenal di Bali dan turis dari mancanegara rela antri lama demi makan di sana. Menunya sederhana, ikan goreng dengan sup ikan dan nasi putih. Tapi soal rasa jangan ditanya, sekali kamu mencoba, pasti bakal ketagihan dibuatnya. Rasa makanan di warung Mak Beng bisa diadu dengan resto paling mahal di Bali sekalipun. Dijamin, kamu lebih menyukai makanan di tepi Pantai Sanur ini, ketimbang menyantap makanan fine dining dengan harga ratusan ribu per porsi.

Lumpia Gang Lombok, Semarang
Salah satu kuliner khas Semarang adalah lumpia, dan yang terbaik adalah di Gang Lombok. Resto ini sudah melegenda sejak bertahun-tahun yang lalu, dan selalu jadi jujugan wisatawan kalau sedang jalan-jalan di Semarang.

Tidak hanya untuk disantap di tempat, tapi banyak juga yang membawa lumpianya pulang ke kota masing-masing buat oleh-oleh. Beli dalam bentuk matang atau mentah, sama lezatnya.

Meski beberapa lokasi di atas bukanlah sebuah restoran fine dining yang cantik, tapi dijamin kamu bakal ketagihan buat datang lagi dan lagi ke sana. Dan bisa dibilang, tempat makan ini adalah yang terbaik di kota masing-masing.

Penasaran bagaimana rasanya? Liburan nanti jalan-jalan ke sana saja. Mumpung ada promo tiket pesawat dari banyak maskapai di Traveloka.com.

Dengan tiket promo dari Traveloka, kamu bisa menjelajah ke kota yang disuka dengan harga murah meriah. Sisa budgetnya bisa buat jajan di kota tujuan. Asyik kan?

Komentar