MI Muda

Ikutan The NextDev Academy!

Ahad, 27 August 2017 04:16 WIB Penulis: Zat/M-2

DOK HABIBI GARDEN

Jangan sampai kelewatan The NextDev Academy, ajang tahunan untuk mengasah kualitas aplikasi kreasi startup sekaligus kompetisi! Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel, menegaskan teknologi mobile di tangan anak-anak muda yang kreatif akan menjadi solusi.

- Setelah kompetisi The NextDev berakhir, Telkomsel berkolaborasi dengan beberapa peserta yang menjadi finalis, di antaranya Gandeng Tangan, Habibi Garden, dan Eragano.

- Sementara itu, bersama Habibi Garden dan Eragano, Telkomsel berkolaborasi dalam upaya menghadirkan solusi bagi petani. Kedua startup yang bergerak di bidang agrikultur ini merupakan finalis program inkubasi startup The NextDev 2016. Keduanya digandeng untuk mengembangkan PETANI (Peduli Tani Anak Negeri), sebuah program e-agriculture yang bertujuan untuk memberdayakan komunitas petani di Indonesia dari hulu ke hilir melalui pemanfaatan teknologi, khususnya seluler dan Internet of Things (IoT).

- Dalam fase akhir penjurian, para finalis ditantang untuk melakukan serangkaian aktivitas yang bertema Meet The Entertainer, Meet Your Customer, Meet The Investor, dan Meet The Government, guna melihat kemampuan mereka dalam berinteraksi dengan berbagai stakeholders.

- Solusi PETANI menggabungkan kemampuan Habibi Garden yang dapat memonitor kondisi tanaman secara real-time dan Eragano dalam mengembangkan solusi dari hulu ke hilir untuk petani dengan menghadirkan ahli pertanian dan pendampingan dengan memanfaatkan platform digital. Dalam kolaborasi ini, Telkomsel menyediakan produk dan layanan broadband untuk menghadirkan konektivitas pada aplikasi dan sistem yang dikembangkan.

- Sebagai pilot project, PETANI akan diterapkan untuk komoditas cabai di Lampung Selatan dan untuk komoditas kentang di Garut, Jawa Barat dengan luas areal lahan yang digarap mencapai sembilan hektar. Program ini melibatkan lebih dari dua kelompok petani dengan menerapkan sistem otomasi pada mekanisme pengairan, pemupukan, dan intensitas cahaya, serta penggunaan sensor pembaca kondisi tanah sebanyak 560 unit. Saat ini Telkomsel bersama Habibi Garden dan Eragano sedang memasuki masa persiapan untuk mengimplementasikan proyek ini.

- Dengan memanfaatkan kekuatan jaringan Telkomsel yang stabil di berbagai lokasi pertanian atau perkebunan, solusi ini pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan produktivitas petani, mengurangi biaya, dan meminimalisasi kemungkinan gagal tanam. (Zat/M-2)

- Dengan memanfaatkan kekuatan jaringan Telkomsel yang stabil di berbagai lokasi pertanian atau perkebunan, solusi ini pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan produktivitas petani, mengurangi biaya, dan meminimalisasi kemungkinan gagal tanam.

Komentar