Otomotif

Sensasi Jadi Juara Dunia melalui RC213V-S

Rabu, 23 August 2017 23:01 WIB Penulis: (Ghani Nurcahyadi/S-2)

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

SIAPA penyuka otomotif yang tidak mengenal Marc Marquez? Pembalap Moto-GP dari tim Repsol Honda dengan tiga gelar juara dunia balapan motor tertinggi itu punya basis penggemar tidak sedikit di Indonesia. Melalui motor RC213V yang ditungganginya, pembalap Spanyol itu bisa 'mengasapi' pembalap lain yang lebih senior darinya seperti Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Marquez memang tidak hadir di Indonesia saat Media Indonesia tiba di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (20/8) pagi. Namun, versi 'jinak' tunggangannya, RC213V-S, hadir di sirkuit yang pernah menggelar balapan Moto-GP pada akhir dekade 90-an tersebut.

Difasilitasi PT Astra Honda Motor (AHM) Indonesia, motor 1.000 cc itu 'mampir' lagi ke Indonesia untuk kedua kalinya pada akhir pekan lalu. Dalam kesempatan itu, Media Indonesia bersama dengan rekan jurnalis lain, juga komunitas pengguna motor 'gede' Honda, dan pegiat media sosial, berkesempatan menjajal replika motor tunggangan Marquez dan Dani Pedrosa tersebut di Sirkuit Sentul. RC213V-S ini merupakan motor versi jalan raya dari tunggangan kedua pembalap asal Spanyol tersebut. "Apa bedanya? Dari segi gearbox, Moto-GP gunakan seamless gearbox. Ini menggunakan yang konvensional. Lalu karena versi jalan raya, tentu ada regulasi yang dipenuhi, seperti penggunaan lampu, kaca spion, dan tempat pelat nomor kendaraan. Motor versi jalan raya juga menggunakan muffler untuk meredam suaranya," jelas Sriyono dari Technical Service Division AHM.

Sebelum bisa menunggangi RC213V-S, 30 peserta yang hadir mesti menjalani screening dengan motor gede Honda tipe lain, yaitu CBR1000RR. Kami dites tiga putaran di Sirkuit Sentul dengan dibimbing empat pembalap nasional dari Honda Racing Team.
Sayang, pada tahap ini, Media Indonesia dan delapan rider lain gagal lolos screening. Untungnya, kami tetap dapat mencicipi sensasi RC213V-S di lintasan lurus. Saat berkesempatan menumpangi motor 1.000 cc yang harganya mencapai Rp7 miliar itu, kemudahan kemudi sangat terasa walau motor melesat sangat cepat.

Saat melintasi beberapa bagian aspal yang tidak rata pun sama sekali tidak terasa guncangan. "Memang ini lebih ringan daripada CBR yang sebelumnya digunakan. Bumpy juga tidak terasa," kata salah seorang anggota komunitas yang sempat menjajal tiga putaran Sirkuit Sentul bersama RC213V-S. Rizky Christianto, Community Development Manager AHM, mengatakan pihaknya sengaja mendatangkan RC213V-S ke Indonesia untuk memberi pengalaman ke sejumlah kalangan mengenai pengembangan motor gede terbaru milik Honda. "Kalau antusiasme tinggi, tidak menutup kemungkinan kita selenggarakan lagi test ride ini," imbuhnya. Nah, saat ini kita memang belum bisa melihat motor versi jalan raya tunggangan Marquez itu lalu-lalang di sini. Pasalnya, motor itu belum dipasarkan di Tanah Air.
Namun, kalau Anda berminat memilikinya, AHM siap memfasilitasi.

Komentar