Teknopolis

Ini Cara Google Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia

Kamis, 17 August 2017 16:30 WIB Penulis: Ellavie Ichlasa Amalia

GOOGLE merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia 2017 dengan membuat Doodle. Seperti yang bisa Anda lihat, Google mencoba untuk menunjukkan keragaman suku di Indonesia dalam gambar Doodle miliknya kali ini.

Di Indonesia, Hari Kemerdekaan merupakan peringatan deklarasi kemerdekaan dari Belanda pada 1945. Namun, sebenarnya, Belanda baru mengakui kemerdekaan Indonesia empat tahun kemudian. Pada 1949, Ratu Juliana secara formal menyatakan Indonesia merdeka, bebas dari penjajahan Belanda selama 350 tahun.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia sendiri dilakukan di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat, dibacakan oleh Soekarno dan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta. Biasanya, Hari Kemerdekaan Indonesia dirayakan dengan parade dan pengibaran bendera merah putih, yang diiringi dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Setelah upacara bendera, biasanya, Hari Kemerdekaan dirayakan dengan diadakannya berbagai lomba seperti balapan karung dan lomba panjat pinang. Selain itu, terkadang, Hari Kemerdekaan Indonesia dirayakan dengan menggunakan baju nasional.

Google Doodle hari ini dibuat oleh seorang kreator lokal asal Bandung, Aditya Pratama. Melalui gambarnya yang kaya warna dan pola, dia berusaha untuk menunjukkan semangat Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu. (MTVN/OL-7)

Komentar