WAWANCARA

Benny Prawira Siauw - Hewan Peliharaan Mereduksi Perasaan Negatif

Ahad, 13 August 2017 07:53 WIB Penulis: Riz/M-4

Koordinator Komunitas Into The Light, konseling masalah bunuh diri, Benny Prawira Siauw -- MI/Adam Dwi

PRIA yang saat ini tengah menempuh pendidikan master psikologi sosial kesehatan di Universitas Katolik Atmajaya Jakarta ini mengaku memiliki hobi memelihara anjing. Baginya, anjing adalah hewan yang setia dan dapat memahami perasaan pemiliknya.

“Anjing itu setia, anjing itu juga tahu kalau kita sedang stres. Dia bisa mengenali karena dia sudah berevolusi dengan manusia, jadi dia sudah mengenali tanda-tanda wajah kita. Dulu saya pernah punya siberian husky dan ketika mood saya sedang jelek banget, dia seperti menepuk-nepuk saya dengan kakinya,” jelas pria yang juga hobi membaca tersebut.

Secara psikologi, hewan peliharaan mampu mereduksi perasaan-perasaan negatif yang dirasakan pemiliknya.

“Jadi bisa menjadi alternatif bagi orang yang rentan (depresi atau bunuh diri). Saya tidak menyarankan cuma anjing saja, tapi hewan apa pun. Kucing juga dan beberapa jenis hewan lainnya yang dapat memicu rasa kasih sayang. Itu akan sangat membantu untuk (mereduksi) rasa negatif kita. Sudah ada risetnya yang membuktikan bahwa stres kita itu akan berkurang setelah memiliki hewan peliharaan atau setidaknya berinteraksi dengan hewan. Sekarang justru juga sudah banyak intervensi psikologis yang menggunakan hewan,” pungkasnya. (Riz/M-4)

Komentar