Nusantara

Tim Pendaki Polwan Siap Menggapai Carstensz Pyramid

Sabtu, 12 August 2017 18:38 WIB Penulis: Briyan B Hendro

MI/Briyan B Hendro

MELALUI seleksi yang ketat, 24 Polisi Wanita (Polwan) dari seluruh Indonesia telah terpilih untuk menggapai puncak tertinggi Indonesia, Carstensz Pyramid.

Setelah digembleng latihan selama tiga bulan di Sukabumi, tim pendaki Polwan akhirnya tiba di titik terakhir, yaitu basecamp pendakian di Bali Dump sebelum menuju Puncak Carstensz Pyramid.

Carstensz Pyramid yang memiliki ketinggian 4.884 meter dari permukaan laut (mdpl) merupakan salah satu gunung yang termasuk bagian dari World 7 Summit, atau 7 Puncak Tertinggi di 7 lempeng benua.

Tidak mudah untuk menggapai Puncak Carstensz. Selain suhu dan cuaca yang ekstrem, tebing menjulang setinggi lebih dari 500 meter menghadang sebelum menginjakkan kaki di titik tertinggi. Tidak hanya kemampuan mendaki gunung, tiap pendaki wajib memiliki kemampuan memanjat tebing.

"Persiapan semua tim sudah matang. Melihat kondisi mereka saat ini, saya yakin Polwan mampu mencapai Puncak Carstensz Pyramid," tegas Ketua Tim Ekspedisi, Tri Suswati Tito Karnavian, saat mengunjungi tim ekspedisi di basecamp pendakian di Bali Dump, Jumat (11/8) petang kemarin. (OL-2)

Komentar