Eksplorasi

Tiongkok Kirimkan Kode tidak Terpecahkan dari Satelit

Sabtu, 12 August 2017 18:15 WIB Penulis:

SCIENCEPART

UNTUK kali pertama, Tiongkok mengirimkan kode tak terpecahkan ke bumi melalui satelit kuantum pada Kamis (10/8).

Satelit kuantum pertama di dunia itu diluncurkan setahun lalu, yaitu pada Agustus 2016, untuk membantu membangun komunikasi yang ‘tahan peretasan’.

Satelit tersebut mengirimkan kunci kuantum ke stasiun darat di Tiongkok yang berjarak 645 kilometer hingga 1.200 kilometer pada tingkat transmisi sampai 20 kali lebih besar dan lebih efisien ketimbang serat optik.

“Cara ini dapat memenuhi permintaan untuk membuat panggilan telepon yang mutlak aman atau dapat mentransmisikan sejumlah besar data dari bank,” kata kepala peneliti Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok Pan Jiawei. “Setiap upaya untuk menyadap saluran, kuantum akan memberi tahu gangguan yang dapat dideteksi ke sistem,” tambahnya. “Setelah dicegat atau diukur, keadaan kunci kuantum akan berubah, dan informasi yang dicegat akan hancur dengan sendirinya.”

Kantor berita pemerintah Xinhua mengatakan percobaan terakhir dalam mentransmisikan kode dari satelit ke bumi disebut para pengulas sebagai tonggak sejarah, sebuah pengembangan yang disebut Pentagon sebagai kemajuan penting. (Antara/dys/L-3)

Komentar