Eksplorasi

Semakin Banyak Tato, semakin Sedikit Keringat

Sabtu, 12 August 2017 17:45 WIB Penulis:

SHUTTERSTOCK

TATO dapat memengaruhi seberapa banyak Anda berkeringat. Penelitian yang dipimpin Alma College di Michigan itu membuktikan korelasi tato dengan keringat. Para peneliti melibatkan 10 pria sehat berusia 21 tahun. Tiap-tiap dari mereka memiliki tato pada satu sisi tubuh bagian atas. Peneliti merangsang kelenjar keringat menggunakan pilocarpine nitrate. Setelah 20 menit, para peneliti menemukan kulit bertato hanya menghasilkan keringat setengah dari jumlah keringat yang dikeluarkan kulit nontato. Komposisi kandungan keringatnya pun berbeda.

Keringat yang dihasilkan kulit bertato menghasilkan dua kali lebih banyak sodium jika dibandingkan dengan keringat yang dihasilkan kulit nontato. Kondisi yang sama juga ditemukan pada tato yang lama dan baru dibuat.

“Ini pertama kalinya dilakukan penelitian untuk mengetahui keterkaitan tato dan keringat,” kata peneliti Maurie Luetkemeier. “Namun memang dalam penelitian ini proses yang kami gunakan untuk merangsang kelenjar keringat berbeda dari proses normal.”

Mereka mencatat, semakin banyak seseorang memiliki tato pada kulitnya, orang tersebut lebih berisiko mengalami cedera yang berhubungan dengan panas karena tubuh mereka tidak mampu mengusir panas dengan cepat.(iflscience/healthline/dys/L-3)

Komentar