Selebritas

Ernest Manfaatkan Youtube untuk Hal Positif

Sabtu, 12 August 2017 15:15 WIB Penulis: Indriyani Astuti

MI/SUMARYANTO

BELAKANGAN ini marak beredar ujaran kebencian, hater, dan perundungan di media sosial. Penggunaan media sosial yang kerap kali disalahgunakan membuat komedian Indonesia Ernest Prakasa, 35, menangkap fenomena tersebut secara berbeda.

Menurutnya, media sosial seperti Youtube sebenarnya dapat digunakan untuk hal yang positif. Dengan diilhami dari kehadiran Youtuber yang saat ini tengah menjadi tren, Ernest membuat film berjudul The Underdogs yang di dalamnya terangkum kisah sekelompok anak muda yang mencoba berkarya, tetapi harus melalui terpaan para hater sampai akhirnya sukses dengan kreativitas yang mereka buat.

“Film ini dikonsep sejak awal 2017. Kami mencoba menangkap fenomena di lapangan. Bagaimana para Youtuber membuat konten video, berharap bisa viral,” ujarnya ketika acara peluncuran film The Underdogs di Jakarta, Kamis (9/8).

Youtuber kini menjadi tren baru. Mereka mengunggah video dengan konten menarik dan berusaha tetap eksis lewat Youtube. Ernest mencoba mengemasnya menjadi cerita film yang menghibur. Suami penulis Meira Anastasia itu mengaku juga memanfaatkan Youtube sebagai sarana belajar mengenai perfilman.

“Bagi saya, Youtube bukan cuma media hiburan. Sebagian ilmu saya di perfilman saya pelajari lewat Youtube. Sesuatu yang relevan bagi kehidupan masyarakat saat ini,” ucapnya.

Dalam film ini dia juga menggandeng rapper Indonesia Young Lex yang selama ini dinilai netizen sebagai sosok yang kontroversial. Ernest ingin menunjukkan sebaiknya melihat orang tidak menilai karya orang lain hanya dari satu sisi. Ayah dua anak ini justru punya penilaian berbeda dengan pemilik nama asli Samuel Alexander Pieter itu.

Jadi produser
Untuk pertama kalinya, Ernest menjajal pengalaman baru menjadi produser sebuah film tersebut sekaligus pemain setelah sebelumnya dia bermain di film layar lebar, yakni Cek Toko Sebelah, Ngenest, dan Rudy Habibie.

Pria yang mulai dikenal dari acara Stand Up Comedy itu mengaku tertantang mencoba hal baru setelah menjadi pemain film, sutradara, penulis, dan kini produser. Dia mengatakan produser mempunyai tanggung jawab lebih selain dari segi kreativitas, misalnya mengenai bagaimana mengatur pembiayaan.

“Ada satu scene yang harus menggunakan layar LED besar banget karena kita komitmen untuk buat film dengan desain produksi yang serius. Saya cari dan membandingkan harga sewa LED,” terang Ernest.

Ernest menyampaikan film The Underdogs-Karena Sahabat Adalah Hebat melibatkan cukup banyak pemain, di antaranya Han Yoo-ra, Brandon Salim, Sheryl Sheinafia, Dede Yusuf, Babe Cabiita, Young Lex, dan Jeff Smith. (H-1)

indriyani@mediaindonesia.com

Komentar