Ekonomi

Daihatsu Tawarkan Edisi Terbatas di GIIAS

Sabtu, 12 August 2017 02:45 WIB Penulis: Andhika Prasetya andhika@mediaindonesia.com

MI/RAMDANI

DAIHATSU menjadikan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) untuk menggaungkan keberadaan mereka selama 110 tahun di dunia otomotif. Daihatsu akan menghadirkan edisi spesial ulang tahun ke-110 Daihatsu di dunia. “Ada lima model limited edition, yaitu Xenia, Sigra, Terios, Sirion, dan Luxio. Karena ini limited edition, total dari lima model tersebut hanya akan dijual berjumlah 110 unit saja,” tutur Marketing & CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso di sela-sela pembukaan GIIAS 2017, Kamis (10/8).

Pihaknya membuat lima va­rian edisi spesial itu dengan target untuk memenuhi keinginan konsumen akan model-model yang sebenarnya sudah ada di pasar tetapi diperuntukkan mereka yang ingin tampil beda dengan gaya berbeda. Keistimewaan lainnya yang ditampilkan di stan Daihatsu ialah dua mobil konsep yang merupakan penampilan world premiere di Indonesia, yaitu DN F-Sedan dan DN Multisix.

Menurut Hendrayadi, Daihatsu selain dikenal dengan keandalannya, juga dikenal sebagai kendaraan keluarga yang mempunyai tingkat efisiensi BBM yang tinggi. Selain itu, Daihatsu dianggap mempunyai value for money yang baik dan dengan harga kendaraan terjangkau (affordable price). “Itulah mengapa Daihatsu dapat terus bertahan dengan baik di pasar otomotif Indonesia,” kata Hendrayadi.

Selama sembilan tahun berturut-turut, Daihatsu terus berada di peringkat kedua penjualan otomotif terbanyak di Indonesia. Posisi Daihatsu di bawah Toyota. Malah, di Manado, berdasarkan data Januari-Mei 2017, Daihatsu berada di peringkat teratas dengan pangsa pasar 35,11%, melampaui Toyota di urutan kedua dengan pangsa pasar 33,04%, dan Honda di urutan ketiga dengan pangsa pasar 8,1%.

Sepanjang semester pertama 2017, Daihatsu mencetak pangsa pasar mereka hingga 17,5%, jauh di atas target 16% yang ditetapkan di awal tahun. Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra mengaku senang Daihatsu meraih penjualan positif di tengah pasar otomotif yang cenderung stagnan. Daihatsu membukukan wholesales 94.287 unit dan retail sales mencapai 89.086 unit. Menurut Amelia, pencapaian itu merupakan prestasi. “Padahal, target kami tidak muluk-muluk, hanya 16%,” ujar Amelia.

Daya beli baik
Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi melaporkan, sepanjang semester pertana 2017, penjualan otomotif nasional sebesar 533.570 unit. Jumlah itu naik 0,3% dari periode yang sama tahun lalu. Tahun ini, total penjualan otomotif diproyeksikan 1,1 juta unit. Untuk ekspor kendaraan, jumlahnya naik signifikan, yakni sebesar 20,5% dengan pencapai­an ekspor 113.269 unit. Tahun ini, target ekspor kendaraan utuh sebanyak 270 ribu unit.

Di tempat terpisah, Sekretaris Kementerian Koperasi Agus Muharram mengatakan besarnya gaung pameran otomotif yang tengah dihelat saat ini menandakan daya beli masyarakat dalam posisi baik atau tidak menurun. “Karena pada kenyataannya penjualan kendaraan bermotor tetap bagus. Banyak perusahaan otomotif yang merilis model baru. Kalau konsumennya menurun, saya yakin mereka (produsen) tidak akan melakukan itu,” tutur Agus. (Nur/E-1)

Komentar