Olahraga

Sean masih Harus Belajar di F2

Jum'at, 11 August 2017 05:33 WIB Penulis: (Ant/Mln/R-2)

DOK.PRI

SEMUA pembalap pasti i-ngin tampil di Formula 1, karena memang itulah muara terakhir dari gelaran jet darat. Kondisi itu pun tidak dimungkiri pembalap muda Indonesia, Sean Gelael. Pembalap yang kini memperkuat tim Pertamina Arden tidak menampik keinginannya untuk membalap di F1 pada suatu hari nanti. Namun, pembalap berusia 21 tahun itu tidak ingin tampil di F1 hanya karena kekuatan finansial, meski uang memang jadi elemen utama di F1. Bahkan meski ia sudah menjadi pebalap penguji bagi tim Formula 1 Toro Rosso.

"Saya tidak ingin orang berpikir saya bisa ke F1 karena didukung dana besar. Saya i-ngin ke F1 karena saya merasa benar-benar mampu di sana," ujar Sean di Jakarta Selatan, Rabu (9/8) malam. Itu sebabnya Sean mengaku masih akan bertahan di balapan Formula 2 hingga musim 2018. Meski begitu, ia juga tidak menjamin bakal tetap bertahan di tim Arden. "Saya akan terus memantau perkembangan Sean. Maksimal dia akan bertahan di Formula 2 ini hingga tahun depan. Setelah itu saya akan melakukan evaluasi untuk memutuskan tahap selanjutnya," kata ayah Sean, Ricardo Gelael.

"Saya tak ingin Sean cuma numpan lewat di F1. Saya ingin dia membuktikan kalau dia punya kemampuan membalap," lanjut Ricardo yang juga mantan pereli nasional tersebut. Dari tujuh seri F2 yang sudah berlalu, pencapaian Sean, diakui Ricardo, memang tidak memuaskan. Dia masih terpuruk di posisi ke-17 dengan tiga poin, hasil finis ke-9 di Feature Race Austria dan ke-10 di Feature Race Inggris. "Kalau sudah tidak ada progres, ya saya setop. Kecuali ada kemajuan."

Saat ini, kata Ricardo, pihaknya membidik tiga tim F2 yang akan menjadi pelabuhan Sean selanjutnya. Ketiga tim itu yakni Prema Racing, DAMS, dan ART. Kebetulan ketiganya tim tiga besar. "Kami tidak mau buang-buang waktu bergabung dengan tim kecil," tegasnya.

Komentar