Olahraga

Niekerk Memburu Gelar Ganda

Kamis, 10 August 2017 03:45 WIB Penulis: (Rul/AFP/R-2)

AP Photo/Matt Dunham

SETELAH sukses meraih emas lari 400 meter, atlet Afrika Selatan Wayde van Niekerk akan melanjutkan perburuan emas kedua di Kejuaraan Dunia Atletik 2017 yang berlangsung di London Stadium. Emas nomor 200 meter yang babak finalnya akan berlangsung hari ini menjadi bidikan selanjutnya pelari berusia 25 tahun tersebut. "Rasanya lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Ini kompetisi dan tentu sangat tidak bisa diprediksi. Tubuh saya masih terasa sangat bagus. Akan membutuhkan waktu sebentar bagi saya untuk pulih, tetapi dari sisi daya tahan saya rasa masih bisa cepat, ini akan menjadi proses selangkah demi selangkah dan hari demi hari bagi seorang atlet," ujar Niekerk.

Di nomor 3.000 meter halang rintang, atlet Kenya Conselsus Kipruto mengamankan emas setelah membukukan waktu 8 menit 14,12 detik. Peraih emas Olimpiade Rio 2016 tersebut unggul dari atlet Maroko, Soufiane El Bakkali yang finis di posisi kedua dengan 8 menit 14,49 detik dan pelari Amerika Serikat Evan Jager yang finis ketiga dnegan waktu 8 menit 15,53 detik.
Hasil kali ini memperbaiki prestasinya di Kejuaraan Dunia Atletik. Sebelumnya Kipruto hanya berhasil membawa pulang perak di Kejuaraan Dunia Moskow 2013 dan di Beijing pada 2015 lalu.

Dari nomor lompat galah, atlet Amerika Serikat Sam Kendricks mencetak prestasi mengesankan dengan memantapkan diri sebagai atlet tak terkalahkan musim ini setelah memenangi emas.
Kendricks mampu memecundangi pemegang rekor dunia yang juga mantan juara Olimpiade Renaud Lavillenie. Kendricks merebut emas dengan lompatan 5,96 meter. Atlet Polandia Piotr Lisek meraih perak, sedangkan Lavillenie harus puas dengan perunggu.

Raihan emas di London Stadium membuat Kendricks tidak terkalahkan dalam 10 kompetisi outdoor dan satu kompetisi indoor yang diikutinya tahun ini. "Hari ini menjadi kompetisi yang fantastis," katanya.

Komentar