On This Day

1945: Pengeboman Nagasaki

Rabu, 9 August 2017 13:55 WIB Penulis:

WIKIPEDIA

TIGA hari selepas ledakan bom atom di Hiroshima, AS kembali menjatuhkan bom atom di Nagasaki atas perintah presiden AS waktu itu, Harry Truman.

Dalam sekejap, kota pelabuhan itu luluh lantak dan 80 ribu orang tewas seketika. Dampak bahan radioaktif bom tersebut juga menambah jumlah korban. Nagasaki sebenarnya bukan target utama pengeboman. Kokura merupakan target potensial yang dipilih bersama Kyoto dan Niigata.

Nagasaki dipilih sebagai pengganti Kyoto sebagai target potensial. Kyoto dipilih karena alasan religi yang mendukung pola militer Jepang. Namun, Niigata dicoret dari daftar karena jaraknya terlalu jauh dari Pangkalan Militer Filipina, tempat pesawat pengebom lepas landas menuju Jepang.

Pada akhirnya pilihan target jatuh pada Nagasaki karena Militer AS juga mencoret Kokura dari daftar target mereka. Nagasaki adalah kota dengan industri perkapalan yang bisa dikatakan maju. Namun, kota ini bukanlah kota favorit untuk diserang karena sudah dibom sebanyak lima kali selama 12 bulan terakhir sebelum serangan bom atom melandanya. History | BBC | Dok.mi

Komentar