On This Day

1173: Menara Pisa Mulai Dibangun

Rabu, 9 August 2017 13:52 WIB Penulis:

WIKIPEDIA

MENARA miring Pisa sebenarnya ialah campanile atau menara lonceng yang berdiri sendiri milik sebuah katedral di Kota Pisa, Italia.

Menara itu didirikan di belakang ka tedral dan bangunan ketiga yang berdiri di area yang disebut campo dei miracoli (wi layah keajaiban).

Menara itu mulai dibangun pada 9 Agustus 1173. Meskipun direncanakan berdiri secara vertikal, menara mulai miring setelah pembangunan telah mencapai lantai tiga.

Dalam sebuah usaha untuk mengimbangi kemiringan, para insinyur membangun lantai yang lebih tinggi dengan satu sisi lebih tinggi daripada yang lainnya. Namun, hal itu malah menyebabkan menara miring ke arah lain. Pembangunan menara dilakukan dalam tiga tahap selama 200 tahun.

Menara memiliki ketinggian 55,86 m dari permukaan tanah di sisi terendah dan 56,70 m dari sisi tertinggi. Kelebaran dinding di bawahnya mencapai 4,09 m dan di puncak 2,48 m. Bobotnya diperkirakan mencapai 14.500 ton. Menara Pisa memiliki 294 anak tangga.

Desainer menara itu diperkirakan ialah Guglielmo dan Bonanno Pisano, seniman lokal terkemuka abad ke-12 di Pisa, yang populer dengan cetakan perunggunya. Bonanno Pisano meninggalkan Pisa pada 1185 dan menuju Monreale, Sisilia, kampung halamannya dan meninggal di sana. Namun, peti jenazahnya ditemukan di dasar menara pada 1820. History | BBC | Dok.mi

Komentar