Hiburan

Vokalis Motorhead Dijadikan Nama Dinosaurus

Rabu, 9 August 2017 08:24 WIB Penulis: Basuki Eka Purnama

AFP

SEBUAH tim ilmuwan yang gemar musik, Rabu (9/8), memperkenalkan spesies dinosaurus baru dari era Jurassic yang berbentuk buaya yang hidup di laut. Mereka memberi nama spesies itu dari nama vokalis Motorhead Ian 'Lemmy' Kilmister yang meninggal dunia pada 2015 lalu.

Lemmysuchus, bahasa Latin yang berarti buaya milik Lemmy, berukuran 5,8 meter dan memiliki tengkorak berukuran lebih dari 1 meter. Binatang itu mirip dengan buaya air tawar yang ada saat ini karena merupakan saudara jauh.

"Spesies itu merupakan predator pantai terbesar pada masanya," ungkap peneliti dari Natural History Museum dalam sebuah pernyataan. "Giginya besar dan tumpul, cocok untuk menghancurkan mangsa, seperti kura-kura."

Lemmysuchus ditemukan di Peterborough, Inggris, pada awal abad ke-20. Namun, berdasarkan penelitian lanjutan ditemukan bahwa fosil itu selama ini salah ditempatkan bersama buaya laut lainnya.

"Karena spesies itu masuk kelompok yang unik, spesies itu butuh nama baru," ungkap para peneliti.

"Kurator Natural History Museum, Lorna Steel, masih berduka atas meninggalnya vokalis favoritnya. Dia mengusulkan agar spesies itu diberi nama berdasarkan namanya."

"Meski Lemmy telah meninggal pada 2015, kami merasa dia akan senang namanya digunakan untuk Lemmysuchus, salah satu hewan laut paling ganas yang pernah tinggal di bumi," pungkas pernyataan itu.

Lemmy, perokok berat yang sesumbar sanggup mengonsumsi sebotol Jack Daniel sehari dan telah tidur dengan lebih dari 1.000 perempuan meninggal dunia pada Desember 2015 di usia 70 tahun di Los Angeles. (AFP/I-2)

Komentar