KICK ANDY

Giring 'Nidji' Ganesha dan Gio Wibowo Keliling Kampung Sebarkan Persatuan

Sabtu, 5 August 2017 06:31 WIB Penulis:

MI/SUMARYANTO BRONTO

Tanah boleh beda, keyakinan beda, itu indah harus dijaga. Suaraku ini, suaramu itu, tak harus sama, silakan saja. Yang pasti mesti diingat, satu tanah air, satu tumpah darah, yang harus selalu kita jaga, Bhinneka Tunggal Ika (Indonesia Jaya-Giring Ganesha & Gio Wibowo)

RINGAN dan mudah dimengerti semua kalangan, begitu prinsip Giring 'Nidji' Ganesha dan Gio Wibowo saat mencipta lagu untuk mengobarkan semangat persatuan.

Isu akan adanya sekelompok orang yang ingin mengganti dasar dan haluan negara membuat Giring lantas berteriak dengan lantang di depan penggemarnya agar bergandengan tangan membela Pancasila.

Rupanya mereka sepaham, meyakini Pancasila adalah landasan berperilaku yang tepat karena kita semua manusia diciptakan sama oleh Tuhan.

Pun dengan Gio Wibowo, yang merasakan mulai ada ketegangan saat pilkada berlangsung.

Padahal, sebelumnya, ia bisa hidup akur dan nyaman dengan tetangga yang berbeda pilihan agama maupun ras serta suku.

Ia pun mulai datang ke kampung-kampung di Jakarta bersama Giring, membangun panggung seadanya untuk mengajak masyarakat menyanyi.

"Mereka semua senang, bahagia, nyanyi, dan kumpul bersama. Di lapisan bawah itu, kita masih hidup rukun, mau makan masih bisa tukeran lauk meskipun hidup dari latar belakang yang beragam," tukas Gio sembari memegang gitar.

Kegiatan mengamen solidaritas dengan berkunjung ke kampung-kampung itu pun menjadi salah satu cara dari kedua anak muda ini untuk memberikan gambaran perbedaan tetapi tetap bisa bersatu padu.

Giring juga berharap setiap orang yang mendengar karyanya terkait dengan tema persatuan bisa merasakan hal yang sama sehingga terus akan teringat untuk hidup damai dalam keberagaman.

Selain lagu-lagu yang baru diciptakan, mereka membawakan lagu nasional seperti Indonesia Pusaka, juga lagu-lagu bertemakan semangat bersatu seperti Garuda di Dadaku, Bendera, dan Laskar Pelangi.

"Saya senang sekali, diajak kolaborasi dengan UKP-PIP untuk membuatkan lagu karena lagu itu media yang paling mudah untuk diterima semua kalangan," imbuh Giring.

Mimpi kedua pemuda ini ialah bisa mewariskan hal-hal baik di masa depan serta anak-anak nanti bisa merasakan kebahagiaan yang sama. (Wnd/M-4)

Komentar