On This Day

1990: Irak Menginvasi Kuwait

Rabu, 2 August 2017 01:44 WIB Penulis: History | BBC | Dok.mi

WIKIPEDIA

TENTARA Irak menginvasi negara tetangga mereka, Kuwait, pada 2 Agustus 1990. Invasi tersebut merupakan invasi kedua Irak. Sebelumnya, mereka telah menyerang Iran pada 1980. Pemerintahan Saddam selalu menyatakan kawasan Kuwait merupakan provinsi ke-19 Irak. Tujuan invasi itu ialah mengambil alih kekayaan minyak Kuwait.

Dengan demikian, pemerintahan Saddam berharap bisa menjadi pemimpin dunia Arab. Namun, invasi itu mendapatkan reaksi negatif dari dunia internasional. Dunia internasional dan PBB mengecam invasi Irak dan memerintahkan Irak agar keluar dari Kuwait. Setelah itu, sejumlah negara yang dipimpin AS mengirimkan
pasukan ke Teluk Persia untuk mengusir Irak.

Namun, usaha yang telah dilakukan untuk mengusir Irak dari lokasi tersebut sia-sia selama tujuh bulan karena pihak Iran tetap bertahan di Kuwait. Akhirnya, pasukan aliansi pimpinan AS melakukan penyerbuan ke Irak hingga menimbulkan kerugian dan kerusakan yang sangat besar bagi tentara dan rakyat Irak. Karena serangan pasukan aliansi tersebut, pada 28 Februari 1991, Irak mengakhiri penjajahan di Kuwait.

Komentar