On This Day

1939: Surat Einstein untuk Roosevelt

Rabu, 2 August 2017 01:31 WIB Penulis: History | BBC | Dok.mi

WIKIPEDIA

DARI rumahnya di Long Island, New York, Albert Einstein menulis surat untuk Presiden Franklin D Roosevelt. Dalam surat itu ia menekankan perlunya pengamatan penuh dan, jika perlu, tindakan cepat bagi penelitian Amerika Serikat mengenai atom. Einstein khawatir Nazi akan memulai tindakan dengan bom atom. Teori Einstein mengenai relativitas mengubah pemahaman manusia mengenai alam raya. Hasil karyanya dalam hal partikel dan teori energi memungkinkan terciptanya penelitian mengenai atom dan mekanisme kuantum.

Setelah membaca surat Einstein, Roosevelt membentuk Komite Uranium. Meski demikian, Einstein sama sekali tidak memiliki peran dalam program bom atom Sekutu. Pada 16 Juli 1945, sebuah tim peneliti internasional sukses menguji coba bom atom pertama dunia di gurun New Mexico. Tiga minggu kemudian, dua bom
atom AS dijatuhkan di Jepang pada 6 dan 9 Agustus.

Peristiwa itu menewaskan 200 ribu orang. Einstein sangat menyayangkan senjata mematikan tersebut digunakan untuk menghancurkan pusat penduduk Nagasaki dan Hiroshima. Itu sebabnya, setelah perang selesai, ia menekankan pentingnya pengawasan internasional atas senjata atom.

Komentar