On This Day

1914: Perang Dunia I Dimulai

Selasa, 1 August 2017 08:00 WIB Penulis: History | BBC | Dok.mi

WIKIPEDIA

PERANG Dunia I secara resmi dimulai dengan pengumuman perang dari Jerman terhadap Rusia. Tiga hari sebelumnya, Austria juga mengumumkan perang terhadap Serbia dengan alasan terbunuhnya putra mahkota Austria di Sarajevo. Setelah melancarkan perang terhadap Rusia, Jerman juga memerangi Prancis dan perang pun meluas dengan cepat. Dalam perang ini, Jerman bersekutu dengan Austria, Hongaria, dan Ottoman.

Sementara itu, Prancis, Inggris, Rusia, dan Serbia bergabung dalam kelompok Sekutu. Persiapan perang ini sesungguhnya telah dimulai sejak lama. Puluhan tahun sebelum dimulainya perang, negara-negara besar Eropa terlibat dalam persaingan senjata dan berusaha memperluas wilayah jajahan mereka. Selain itu, pemikiran nasionalisme semakin menguat di Eropa.

Dalam perang ini, awalnya Jerman dan kelompok Axis hampir menang, tetapi kemudian AS bergabung ke dalam kelompok Sekutu sehingga kekuatan Sekutu semakin besar dan akhirnya meraih kemenangan. Perang ini secara resmi berakhir pada 11 November 1918 dengan menjatuhkan korban tewas 9 juta orang, 29 juta orang cacat, dan 5 juta orang hilang. Pada 1919, pihak-pihak yang terlibat perang menandatangani Perjanjian Versailles yang memberikan denda besar terhadap Jerman sebagai pihak yang memulai perang.

Komentar