Hiburan

Seni Mencuri Mobil Mewah

Ahad, 30 July 2017 01:01 WIB Penulis: Her/M-4

DOK. OVERDRIVE MOVIE

ANDREW (Scott Eastwood) dan Garrett Foster (Freddie Thorp) telah berkelana ke sekeliling Eropa. Kini mereka sedang mencari peruntungan di Prancis. Duo Foster bersaudara itu hidup dengan menjadi pencuri mobil. Bukan mobil biasa yang menjadi incaran mereka. Jenis mobil yang mereka kerap curi ialah mobil mewah klasik edisi terbatas. Semua itu pengaruh dari mendiang ayah mereka yang mencintai mobil jenis itu.

Dalam salah satu upaya memenuhi permintaan klien penyuka mobil mewah, Andrew dan Garret mencuri Bugatti 1937 yang harganya tentu saja mahal. Ternyata mobil yang mereka curi bukanlah milik jutawan biasa. Pemilik Bugatti tersebut tak lain ialah Jacomo Morier (Simon Abkarian), seorang bos penjahat lokal sadis yang tanpa ampun. Meski mengakui kelihaian Foster bersaudara dalam mencuri, Morier tidak terima ada orang yang berani mencuri darinya. Dia pun memilih menodongkan senjata kepada keduanya, berniat menembak mati Foster bersaudara.

Di tengah kondisi terdesak, Garrett menawarkan jasa sebagai ganti untuk nyawa mereka. Dia menjanjikan akan mencuri mobil kesayangan Max Klemp (Clemens Schick), seorang bos penjahat lain yang kala itu menjadi rival dari Morier. Klemp memiliki mobil Ferrari 250 GTO keluaran 1962 yang amat disayanginya. "Itu bukan hanya mobil, tapi itu ibarat harta pusaka baginya," kata Garrett meyakinkan.

Dendam karena Klemp banyak mengambil alih bisnis-bisnis yang semula dikuasainya di Marseille, Prancis, Morier pun tertarik dengan tawaran itu. Dia memberi mereka waktu seminggu saja untuk mencuri mobil kesayangan Klemp yang merupakan mafia asal Jerman.

Dengan waktu yang terbatas, mereka merekrut sejumlah orang. Termasuk di antaranya seorang perakit bom, juga orang-orang yang lihai menyetir dengan kecepatan tinggi. Di sisi lain, misi pencurian itu juga diwarnai kehadiran Interpol yang mengejar duo Foster atas dugaan pencurian mobil yang belakangan terjadi di seantero Eropa.

Dalam upaya mencuri mobil itu, Foster bersaudara seolah bermain di dua kaki. Sejak awal, rahasia besarnya ialah di pihak siapa sebenarnya keduanya berada, Morier, Klemp, atau justru tidak keduanya.

Teknik

Twist dari film aksi thriller Prancis yang disutradarai Antonio Negret ini layak dinantikan. Hasil kolaborasi dengan Michael Brandt dan Derek Haas sebagai penulis naskahnya itu menawarkan jalan cerita yang lumayan seru.

Bagi kalian pecinta mobil klasik mewah, film Overdrive sangat memanjakan mata. Ada banyak mobil eksklusif yang ditampilkan dalam filmnya. Namun, jangan membandingkan film ini dengan Fast and Furious yang menawarkan aksi kebut-kebutan di balik setir mobil.

Meski ada adegan kejar-kejaran dalam filmnya, kualitas pengambilan gambar Overdrive tidak terlalu menonjolkan teknik mengemudi. Dalam suatu aksi kejar-kejaran menjelang akhir film misalnya, tidak tampak permainan teknik, hanya mobil saling susul dengan melewati lorong berbeda, lantas salah satunya kalah karena ada menabrak mobil lain dari arah berlawanan.

Pencurian mobil mewah adalah inti dari film Overdrive. Misterinya bukan terkait siapa yang paling hebat mengemudi, melainkan siapa yang dikelabui dan hendak dicuri mobilnya oleh Foster bersaudara beserta tim yang mereka rekrut.

Komentar