Humaniora

Media Center Kota Batam Redam Berita Hoax

Selasa, 25 July 2017 14:52 WIB Penulis: Putra Ananda

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

MEDIA Center (Medcen) Kota Batam turut memberi andil dalam meredam info atau berita-berita yang sifatnya masih belum jelas di masyarakat atau populer dengan sebutan hoax. Pemimpin Redaksi Medcen Batam Yulidasril menuturkan setiap hari Jumat Medcen Batam memiliki program Jumat berbagi.

"Apabila ada suatu permasalahan yang mengandung polemik, kita akan undang pimpinan instansi terkait untuk duduk bersama di ruang medcen bersama para jurnalis daerah Kota Batam," ujarnya saat dihubungi dari Jakarta oleh Media Indonesia.

Yulidasril melanjutkan, acara duduk bersama semacam jumpa pers yang difasilitasi oleh Medcen Batam dirasa efektif untuk mengcounter info-info yang sebelumnya masih simpang siur di masyarakat. Hasil pertemuan itu akan diunggah dalam bentuk berita di dalam portal Medcen Batam.

"Kita kirim juga ke Infopublik.id agar dapat lebih menjangkau masyarakat yang ada di luar Kota Batam," jelasnya.

Tiap harinya rata-rata Medcen Kota Batam mengirimkan 4 hingga 10 berita setiap harinya ke situs Infopublik.id. Berita-berita yang dikirim berkaitan dengan kegiatan-kegiatan Pemerintahan Daerah Kota Batam.

"Saya langsung tugaskan jurnalis yang kita punya untuk meliput kegiatan Pemda Batam, khususnya yang berkaitan langsung dengan kepentingan masyarakat," jelasnya.

Selain membuat berita tulis, Medcen Kota Batam juga aktif memposting berita foto serta video. Medcen Batam bekerja sama dengan stasiun televisi lokal yang ada di Batam sebagai sarana Medcen mempublikasikan berita mereka yang berbentuk video.

"Fungsi kita ialah mempublikasikan kegiatan perangkat daerah, sampai saat ini cukup banyak pengunjungnya di website kita," jelasnya. (OL-6)

Komentar