Humaniora

Kominfo Apresiasi Media Center Teraktif

Senin, 24 July 2017 14:20 WIB Penulis: Putra Ananda

Direktur Pengelolaan Media Publik, Ditjen IKP, Sunaryo ---MI/Haryanto

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan apresiasi kepada media center yanng aktif mengupdate informasi baik itu berupa berita maupun foto.

Media center Riau menjadi provinsi yang paling banyak mengirim berita ke website infopublik.id untuk tahun 2016. Sedangkan untuk kategori media center pengirim foto terbanyak diraih oleh Media Center Kabupaten Banjar.

Direktur Pengelolaan Media Publik, Ditjen IKP, Sunaryo mengatakan media center dapat berfungsi sebagai wahana diseminasi informasi publik dan juga pertukaran informasi serta sebagai pelayanan informasi dan komunikasi publik.

“Media Center sebagai diseminasi informasi publik akan menjadi sarana penyebarluasan informasi yang berkaitan dengan program dan kebijakan pemerintah yang secara langsung dan tidak langsung berdampak kepada masyarakat. Terutama informasi yang akan mencerdaskan, mencerahkan memberdayakan masyarakat nasionalisme serta terakomodasinya aspirasi publik,” ujar Sunaryo, di Jakarta, Selasa (14/6).

Dengan kegiatan ini, Sunaryo berharap pengelola Media Center Kominfo dapat menyusun konten-konten informasi strategis yang berbasis bidang Polhukam, Perekonomian, Kemaritiman dan PMK.

"Di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota, atau organisasi masyarakat dengan Kementerian Kominfo melalui Portal Berita Infopublik.id, Tabloid Komunika, dapat melakukan pertukaran informasi antar Media Center, " paparnya.

Fungsi pelayanan informasi dan komunikasi publik Media Center, lanjut Sunaryo merupakan sarana peningkatan aksesibilitas masyarakat terhadap informasi dan komunikasi melalui sarana dan prasarana Media Center Kominfo.

“Pemerintah mengusahakan ketersediaan informasi dan komunikasi publik bagi masyarakat yang berada di daerah terluar atau terdepan, terpencil, tertinggal dan pascakonflik serta pascabencana,” lanjut Sunaryo.

Berikut daftar 10 media center pengirim berita dan foto terbanyak,
Berita :
1. Provinsi Riau
2. Kabupaten Sumenep
3. Kota Batam
4. Kabupaten Agam
5. Kabupaten Sleman
6. Kabupaten Bone Bolango
7. Kota Singkawang
8. Kabupaten Sorong
9. Kabupaten Merauke
10. Kabupaten Banjar

Foto :
1. Kabupaten Banjar
2. Kota Tidore Kepulauan
3. Provinsi Riau
4. Provinsi Kalimantan Selatan
5. Kabupaten Tabalong
6. Kabupaten Batang
7. Kabupaten Parigi Moutong
8. Kabupaten Gianyar
9. Kota Singkawang
10. Provinsi Aceh

(OL-6)

Komentar