Humaniora

Pemerintah Terus Kembangkan Media Center

Senin, 24 July 2017 11:05 WIB Penulis: Putra Ananda

ANTARA/Noveradika

MULAI 2007 hingga 2016, Kementerian Kominfo melalui Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik sudah memberi bantuan hibah 251 media center berupa infrastruktur ke daerah. Media center merupakan simpul jaringan informasi strategis agar terjadi pertukaran informasi dua arah antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Unsur yang terkandung dalam berita atau foto yaitu 3E+1N, Educating, Empowering, Enlightening, dan Nationalism," ujar Direktur Pengelolaan Media Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Sunaryo di Jakarta, Selasa (13/6).

Sunaryo melanjutkan, di tengah arus informasi dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, Kominfo memastikan ketersedian informasi dan akses komunikasi bagi masyarakat, khususnya di berbagai pelosok tanah air seperti daerah perbatasan, tertinggal, terpencil dan terluar.

"Kominfo memberi bantuan hibah media center di berbagai daerah sebagai salah satu upaya memberikan pelayanan informasi dan komunikasi publik melalui pengembangan jaringan pertukaran antara instasi pusat dan daerah," terangnya.

Diharapkan dengan adanya media center di berbagai daerah, pemerintah bisa mengkomunikasikan kebijakan-kebijakan publik agar bisa dipahami dan didukung oleh semua pihak terkait, baik itu pemerintah daerah ataupun masyarakat itu sendiri.

"Pada sisi sumber daya manusia, petugas pengelola media center diharapkan memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengelola data dan informasi yang disajikan dalam bentuk berita dengan gaya jurnalistik online (daring)," jelasnya. (Uta)

Komentar