Kuliner

Hidangan ala Bar Tradisional Hokkaido

Ahad, 23 July 2017 06:31 WIB Penulis: Rizky Noor Alam

MI/Arya Manggala

Keauntentikan rasa hidangan khas Hokkaido, Jepang, menjadi keunggulannya. Bar tradisional Jepang ini bahkan mendatangkan 80% bahan bakunya langsung dari Jepang.

PULAU Hokkaido merupakan pulau yang terletak di wilayah paling utara Jepang. Salah satu yang membuat Hokkaido terkenal ialah berbagai pilihan makanan asal 'Negeri Matahari Terbit' itu yang terkenal lezat. Kini untuk menikmati kelezatan makanan dari Hokkaido tidak perlu terlalu jauh lagi. Cukup datang ke Hokkaido Izakaya di Pavilion Retail Arcade di Jakarta.

Hokkaido Izakaya berarti bar tradisional Jepang (izakaya) yang berasal dari Hokkaido. Suasana ataupun menu makanan dan minuman yang disajikan autentik dari negeri aslinya.

Tidak tanggung-tanggung, mayoritas bahan baku makanan di restoran itu didatangkan langsung dari Hokkaido. Tepatnya 80% bahan yang digunakan didatangkan dari Jepang. Sisanya 20% berasal dari Indonesia.

"Kami juga mengikuti musim yang ada di Jepang. Kami impor seminggu tiga kali. Di musim dingin ada beberapa ikan yang bisa diimpor dari Jepang, untuk sayuran di musim panas," ujar General Manager Hokkaido Izakaya Agustinus Wijaya.

Beragam menu andalan pun disuguhkan bar tradisional ini, mulai beragam jenis soba, sushi, sashimi, robatayaki (makanan yang dipanggang dengan arang), hingga jenis kerang istimewa yang berasal dari daerah Akkeshi yang segar.

"Di Hokkaido Izakaya, soba menjadi salah satu menu favorit konsumen. Adonannya kita buat sendiri dan istimewanya adalah kita menggunakan tepung gandum hitam untuk buckwheat yang langsung didatangkan dari Kota Horokanai di Hokkaido," jelas Chef Hokkaido Izakaya, Koizumi Hiroshi, di Jakarta, Sabtu (8/7).

Coba cicipi sejumlah sushi yang tersedia. Seperti Aburi Salmon dan Ikura Oyako Roll Sushi yakni sushi gulung yang dilapisi salmon di luarnya dan dibakar sebentar dengan api saat disajikan.

Ada juga Hokkaido Special Roll Sushi. Sushi gulung yang berisikan timun dilengkapi dengan udang segar serta potongan tuna dan salmon lalu ditaburi telur ikan. Pilihan lain ialah 5 Assorted Sashimi berupa potongan segar salmon, tuna, cumi, dan telur ikan.

Bila ingin mencoba yang berbeda, ada Kaisen Barachirashi Don.

Hidangan itu merupakan semangkuk nasi sushi yang dipadukan dengan salmon segar dan tuna segar serta telur dadar yang dipotong dadu dan ditaburi dengan telur ikan. Cara makannya sendiri diaduk rata terlebih dahulu, baru disantap.

Soba

Siang itu, para pengunjung dapat menikmati serangkaian menu soba khas Hokkaido. Ada Kakiage Tempura Soba dan Kuro Goma Maze Soba.

Kakiage Tempura Soba ialah mi soba yang dilumuri kaldu bonito yang bercita rasa gurih dan ditambahkan kakiage (semacam bakwan) di atasnya.

Sementara itu, Kuro Goma Maze Soba ialah mi soba yang disajikan dingin yang dilengkapi dengan daging rebus dan saus soba pedas. Perlu diingat, soba harus dinikmati dalam waktu yang cepat paling lama 15 menit, karena lebih dari itu mi akan mengembang sehingga teksturnya tidak lagi kenyal sempurna.

Coba juga Warayaki Salmon Tatatki. Salmon yang dibakar sebentar dengan menggunakan batang padi kering sehingga mendapatkan aroma yang khas, disajikan dengan potongan kubis ungu dan daun bawang dan disiram dengan shoyu untuk disajikan.

Hidangan lainnya yang bisa dinikmati adalah Tori Zangi, Ishiyaki Potato Salad, Akkeshi Oyster, dan lainnya. Anda pun dapat memesan minuman beralkohol khas Jepang, yaitu sake.

Harga rata-rata makanan dan minuman di Hokkaido Izakaya berkisar mulai Rp50 ribu hingga Rp500 ribu. Menu-menu yang dijual pun ada yang set menu dan ala carte. (M-4)

Komentar