Internasional

Calon dari Kasta Terendah bakal Jadi Presiden India

Senin, 17 July 2017 18:35 WIB Penulis: Anastasia Arvirianty

AP/Tsering Topgyal

INDIA akan melakukan pemilihan bersejarah. Sekitar 4.900 anggota legislatif secara nasional telah memilih calon presiden baru yang berasal dari kasta Dalit, sebuah kasta terendah dalam sistem kasta Hindu.

Ram Nath Kovind, kandidat sayap kanan partai dari Perdana Menteri Narendra Modi, Bharatiya Janata Party (BJP) diyakini akan memenangkan pemilihan. Pesaing utama dari mantan pengacara dan gubernur negara bagian dari kasta Dalit itu ialah Meira Kumar, calon oposisi pimpinan Kongres yang juga seorang Dalit.

"Tidak ada ilmu roket, Ram Nath Kovind akan menang hari ini," ujar Praful Patel, pemimpin Partai Kongres Nasionalis.

Modi adalah orang pertama yang memilih, menggunakan pena tinta ungu yang disetujui secara khusus. Komisi pemilihan melarang penggunaan pena pribadi untuk memastikan pemungutan suara bersih, dan hasilnya akan diumumkan Kamis.

"Pemilu presiden kali ini bersejarah. Mungkin untuk pertama kalinya tidak ada pihak yang membuat komentar yang tidak bermartabat atau tidak beralasan mengenai kandidat saingannya," kata Modi melalui cicitannya di media sosial Twitter.

Analis berpendapat, bakal terpilihnya Ram Nath Kovind akan membantu Modi mengencangkan cengkeramannya pada kekuasaan dan memperoleh modal politik pada 2019 nanti.

Terutama untuk menjangkau dan mengirimkan pesan penting kepada kaum Dalit, sebuah kelompok pemilihan yang telah lama tidak dikenal yang dulu dikenal sebagai 'orang tak tersentuh', yang berjumlah sekitar 200 juta jiwa di negara berpenduduk 1,3 miliar jiwa tersebut. (AFP/X-12)

Komentar