Nusantara

Tidak Boleh Ada Siswa yang Tidak Dapat Sekolah

Senin, 17 July 2017 17:50 WIB Penulis: Ardi Teristi Hardi

PENERAPAN sistem zonasi membuat masih ada siswa yang belum mendapat sekolah. Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad pun menjamin semua siswa mendapatkan sekolah hingga akhir Juli ini.

"Terkhir akhir Juli sudah harus ditempatkan. Tidak ada siswa yang belum dapat sekolah," kata Hamid di Hotel Sahid Rich, Yogyakarta, Senin (17/7).

Jika hingga sekarang masih ada yang tersisa siswa belum mendapatkan sekolah, Hamid meminta agar temuan tersebut dilaporkan Dinas Pendidikan setempat agar siswa tersebut bisa ditempatan di zonanya masing-masing.

"Sepanjang masih ada bangku yang kosong di sekolah negeri (di zonanya), kita dorong masuk ke situ. Kalau sudah penuh, tugas Dinas (Pendidikan) mencarikan sekolah negeri terdekat atau swasta," kata dia.

Ia mengatakan, siswa yang belum mendapat sekolah akan diselesaikan dalam dua minggu ini. Jika masih kesulitan dalam mendapatkan sekolah, para siswa diminta agar melapor ke unit pengaduan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan lewat surat elektronik, SMS, Facebook atau Twitter.

Ia pun menjelaskan, siswa masih dapat pindah sekolah asal jangan melebihi batas rombel dan sekolah yang dituju tidak menambah kelas. Pasalnya, jika menambah kelas, kegiatan belajar menjadi tidak optimal. (OL-6)

Komentar