Humaniora

Persiapan Haji Sudah 80%

Senin, 17 July 2017 17:40 WIB Penulis: Siswantini Suryandari

ANTARA/MOCH ASIM

MENTERI Agama Lukman Hakim Saifuddin optimistis seluruh paspor haji akan selesai sebelum 27 Juli 2017. Saat ini proses pengurusan paspor sudah mencapai 80%.

"Saat ini proses paspor sudah 80%. Sedangkan akomodasi seperti hotel, katering, transportasi, tenda sudah final. Semua sudah dikontrak. Sekarang fokus di dalam negeri karena jamaah haji Indonesia di 13 embarkasi pada gelombang pertama akan berangkat pada 28 Juli ini," kata Menag saat memberikan pembekalan kepada awak Media Center Haji 2017 di Kantor Kementerian Agama Jakarta, Senin (17/7).

Pada kesempatan itu Menag juga menyinggung soal haji menggunakan kuota negara lain seperti yang terjadi tahun lalu adanya sekelompok orang menggunakan paspor Filipina, dan mengambil jatah kuota haji negara lain.

"Insya Allah kasus seperti itu tidak terjadi pada tahun ini. Sebab pemerintah sudah berbicara dengan pemerintah Filipina untuk tidak memberikan paspor ke orang Indonesia. Ini bahaya lho. Warga Indonesia bisa kehilangan kewarganegaraannya karena menggunakan paspor negara lain," ujar Menag mengingatkan.

Total jumlah jamaah haji Indonesia tahun ini sebanyak 221.000 orang yang diberangkatkan dalam dua gelombang. Gelombang I pada 28 Juli dan gelombang II pada 30 Juli. (X-12)

Komentar