Nusantara

Pakai Las, Pelaku Amatir Gagal Bobol Mesin ATM

Senin, 17 July 2017 17:14 WIB Penulis: Depi Gunawan

ANTARA/FB Anggoro

SATU unit mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Jalan Sersan Bajuri Desa Cihideung Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat gagal dibobol pelaku kriminal, Senin (17/7). Kendati telah berusaha membobol mesin ATM dengan cara dilas, para pelaku tidak berhasil mengambil uang sepeser pun.

Polisi masih mencari keterangan sejumlah saksi di sekitar lokasi kejadian untuk menangkap pelakunya.

Dari rekaman CCTV rumah makan Saung Pengkolan yang terletak di pinggir ruang ATM, pelaku diduga lebih dari satu orang dengan menaiki kendaraan minibus Avanza putih.

Salah satu pelaku masuk ke ruang ATM pada jam 02.34 WIB dini hari. Sekitar setengah jam kemudian, pelaku tersebut keluar ruang ATM tanpa membawa hasil jarahannya.

Kasat Reskrim Polres Cimahi, AKP Niko N. Putra menerangkan, pelaku berusaha menjebol mesin ATM dengan cara dilas karena ditemukan ceceran karbit. Agar tidak terekam, kamera CCTV di dalam ruang ATM juga dicat pylox oleh pelaku.

"Menurut rekaman CCTV, eksekutornya masuk ruang ATM pada jam 02.34 (WIB), kemudian keluar jam 3.08 (WIB) dan langsung meninggalkan TKP," katanya setelah olah TKP di lokasi kejadian.

Jika berhasil membobol mesin ATM, total uang sebesar Rp94 juta bakal raib digondol pelaku. Untungnya, pelaku kurang terampil meski telah menggunakan alat las. Ditambah kondisi di TKP sedang sepi, sehingga mereka gagal membobol ATM.

"Begitu kami mendatangi lokasi, enggak satu lembar pun uang dalam ATM yang bisa diambil pelaku. Pelaku diduga masih amatir," bebernya.

Didin, seorang saksi yang dimintai keterangan polisi mengungkapkan, tidak tahu menahu soal adanya mesin ATM yang berusaha dibobol pelaku,

"Saya tahu dari Rendi, teman sesama security di Kampung Gajah. Dia ngasih tahu sekitar jam 10 tadi," tuturnya.

Demi mengungkap sekaligus menangkap pelakunya, selain meminta keterangan para saksi, polisi juga mengumpulkan sejumlah barang bukti yang ditemukan di sekitar lokasi. (OL-6)

Komentar