Ekonomi

Integrasi Ragam Produk Keamanan Diperlukan

Senin, 17 July 2017 10:42 WIB Penulis: Gnr/S-4

Ilustrasi

INDUSTRI finansial makin rentan terkena serangan siber sehingga membutuhkan infrastruktur keamanan yang kuat dan mampu menangkis serangan, baik yang sudah maupun belum dikenal. Keamanan yang terintegrasi mulai data konsumen hingga jaringan diperlukan demi menjaga bisnis perusahaan berkelanjutan.

Filipus H Suwarno, Division Head Enterprise Support Technology Bank OCBC NISP, memaparkan banyaknya sektor yang perlu dilindungi dalam keamanan siber tidaklah cukup terpenuhi dengan hanya produk dari satu produsen/distributor. Karena itu, pihaknya menggunakan sejumlah produk dari berbagai pihak untuk menjamin keamanan siber Bank OCBC NISP.

“Yang terpenting lagi, satu produk dengan lainnya bisa saling berhubungan. Kalau ada peringatan dapat dikorelasikan,” beber Filipus kepada pers di Jakarta, Kamis (13/7).

Selain integrasi keamanan, yang dilakukan Bank OCBC NISP ialah mempelajari kebiasaan yang terjadi pada aplikasi digital yang dimiliki. Dengan mempelajari kebiasaan tersebut, tim keamanan siber mendeteksi pola serangan yang sering terjadi. Melalui dua metode tersebut, Filipus mengklaim belum pernah ada serangan yang berhasil menembus keamanan siber Bank OCBC NISP.

Dalam sehari, ungkap Filipus, pihaknya biasa menerima banyak serangan siber yang menyasar berbagai sektor. Untuk serangan penyangkalan jasa (denial of service/DOS) saja, pihaknya diserbu hingga belasan ribu kali. Uniknya, banyak serangan itu terjadi pada pertengahan tahun ini dan berasal dari negara Eropa Timur dan Amerika Selatan.

“Sampai saat ini kami belum menerima laporan ada serangan yang berhasil masuk sistem. Setiap periode kami selalu mengevaluasi pola keamanan dengan mengumpulkan data dari data center maupun basis digital lain yang dijadikan satu dan pola serang­an dianalisis. Dari data itu bisa dilihat, dalam dua tahun terakhir, serangan banyak, tapi untungnya tidak ada yang berhasil,” ujarnya.

Salah satu platform keamanan siber yang saat ini digunakan OCBC NISP ialah produk dari Palo Alto Networks bernama Next-Generation Security Platform. Produk tersebut terdiri atas tiga solusi andal dalam melindungi data digital. Ketiga solusi tersebut ialah Next-Generation Firewall, Threat Intelligence Cloud, dan Advanced Endpoint Protection.

Country Director Palo Alto Networks Indonesia Surung Sinamo menegaskan produk keamanan tersebut sudah memenuhi kebutuhan terhadap keamanan data hingga perangkat keras yang digunakan. (Gnr/S-4)

Komentar