Humaniora

482 Guru Tunjukkan Dedikasi Terbaik

Senin, 17 July 2017 11:01 WIB Penulis: Syarief Oebaidillah

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Sumarna Surapranata---MI/M Irfan

KETUA MPR Zulkifli Hasan dan Mendikbud Muhadjir Effendy telah menutup perhelatan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Tingkat Nasional di Bengkulu pada Jumat (14/7).

Perhelatan tahunan tersebut melahirkan prestasi unggul dari guru-guru dan tenaga kependidikan yang berdedikasi dari 34 provinsi di Indonesia.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen GTK Kemendikbud), Sumarna Surapranata, mengemukakan para peserta berasal dari guru-guru terbaik melalui proses seleksi berjenjang, mulai tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. Total, ada 482 orang guru dan tenaga kependidikan yang turut berpartisipasi.

"Guru-guru yang hadir di sini ialah orang-orang terbaik yang terseleksi melalui tingkat kabupaten, dilanjutkan hingga provinsi, dan nasional," kata Sumarna.

Apresiasi ini, dia melanjutkan, menyaring prestasi guru dengan 20 jenis perlombaan yang diselenggarakan, meliputi kelompok bermain, tempat penitipan anak (TPA), satuan PAUD sejenis, instruktur khusus komputer, instruktur tata kecantikan rambut, instruktur tata busana, instruktur tata rias pengantin, pamong belajar, penilik, sampai senam kreasi daerah dan paduan suara. Ada juga pameran dan workshop dari perwakilan provinsi.

Lebih dari itu, kata Pranata, perhelatan akbar guru PAUD Dikmas ini menjadi ajang silaturahim antarsuku bangsa dan agama dari seluruh Tanah Air sekaligus merawat kebinekaan. Apalagi, kata dia, warga di Bengkulu dilibatkan dengan memberikan tempat menginap bagi peserta.

"Jadi, ada warga Papua dan Aceh, yang menginap di rumah warga di sini sehingga terjadi saling komunikasi dan keakraban sesama warga bangsa. Terjalinlah saling komunikasi dan keakraban," ujarnya.

Rohidin Mersyah, Plt Gubernur Bengkulu, selaku tuan rumah, mengapresiasi penampilan dedikasi para guru. "Kegiatan ini memang dikemas secara sederhana, tapi tetap menampilkan dedikasi terbaik yang dapat memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia secara keseluruhan. (Bay/H-5)

Komentar