Ekonomi

Warnet Gaming Asal Filipina Datang

Senin, 17 July 2017 10:42 WIB Penulis: Mut/S-4

AFP PHOTO/Frederic J. Brown

TNC sebagai pemilik bisnis waralaba cyber cafe atau PC game center asal Filipina yang telah memiliki 100 cabang di negara secara resmi menunjuk TNC Indonesia untuk mengembangkan bisnis di Indonesia. Hingga akhir 2017, targetnya akan dibuka 40 warung internet (warnet) gaming berstandar internasional.

Menurut CEO TNC Indonesia Sonny Hadi Sukotjo, setiap gerai warnet tersebut akan tersebar di Jakarta, Surabaya, Palembang, Medan, Lampung, Bali, Malang, Samarinda, Banten, Muara Bungo, Tanjung Pinang, Sumedang, Bogor, Blitar, dan Bandung. “Sekarang sudah ada 20 warnet yang bergabung. Tahun ini harapannya kami meresmikan 40 gerai,” ujar Sonny dalam jumpa pers di Jakarta, Sabtu (15/7).

Selain bertujuan mengubah stigma warnet, keberadaan TNC digadang-gadang mampu menciptakan atlet gamer e-sports yang dapat berprestasi hingga ke ajang internasional. Pasalnya, Newzoo Global Games Report 2017 menyebutkan Indonesia merupakan salah satu negara terbanyak memiliki pemain game e-sports di Asia Tenggara. Jumlahnya saat ini mencapai 40 juta gamers atau 40% dari total pemain gim di Asia Tenggara.

“Dengan kata lain potensi generasi muda Indonesia di cabang e-sports sebetulnya sangat besar. Karena itu, dengan keberadaan jaringan waralaba cyber cafe berstandar internasional ini diharapkan memberikan kesempatan mereka untuk berlatih dan menumbuhkan semangat kompetisi,” ucap Sonny.

Apalagi pada 2018, menurut Olympic Council of Asia (OCA), cabang e-sports secara resmi masuk ajang Asian Games yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang. Hal tersebut dapat menjadi langkah awal mempersiapkan atlet gim Indonesia berprestasi di ajang internasional.

“Guna menyiapkan lingkung­an yang mendukung bagi para gamers berkompetisi, setiap bulan rutin diadakan turnamen gim Dota 2 (Defense of the Ancients 2) dan Point Blank di cabang-cabang kami,” terang Sony.

Sebagai langkah awal memperkenalkan bisnisnya di Indonesia, TNC Pro secara khusus mendatangkan tim TNC Pro--salah satu tim Dota 2 terbaik dunia--di ajang NVIDIA Geforce Day yang telah berlangsung pada Sabtu (15/7). Hal itu turut memberikan semangat bagi para atlet e-sports di Indonesia.

Menurut Harry Kartono, Consumer Leads NVIDIA Indonesia, salah satu alasan kerja sama itu digalang karena TNC menggunakan produk GPU NVIDIA Geforce untuk memberdayakan PC gaming mereka di seluruh gerai TNC di Indonesia. “Selain cepat, berkekuatan penuh, dan hemat energi, Geforce GTX 1050, misalnya, mampu mengubah PC menjadi rig gaming sejati,” imbuhnya. (Mut/S-4)

Komentar