Obituarium

Dirut Semen Indonesia Tutup Usia

Senin, 17 July 2017 10:17 WIB Penulis: Ant/RO/E-1

Rizkan Chandra -- ANTARA FOTO/HO/Parno

SUASANA duka menyelimuti badan usaha milik negara (BUMN) atas meninggalnya Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk Rizkan Chandra pada Sabtu (15/7). Indonesia kehilangan salah satu kader eksekutif terbaik di BUMN.

Pejabat Pengganti Sementara Direktur Utama Semen Indonesia Darmawan Junaidi mengatakan, “Kami segenap Direksi dan Komisaris Semen Indonesia turut berdukacita atas meninggalnya Direktur Utama Semen Indonesia Rizkan Chandra. Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa.”
Rizkan Chandra tutup usia sekitar pukul 15.45 WIB di Rumah Sakit Siloam, Semanggi, akibat sakit yang dideritanya selama satu bulan.

Rizkan yang kelahiran Jakarta, 27 Januari 1969, ini menjabat direktur utama Semen Indonesia sejak Mei 2016. Sebelum menjadi orang nomor satu di Semen Indonesia, Rizkan malang melintang di dunia telekomunikasi.

Ia mengawali karier pada Divisi R&D Center Telkom, kemudian berlanjut pada divisi multimedia dan sederet jabatan ditempatinya. Pria lulusan Jurusun Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) dan pendidikan di Mana-gement of Technology National University of Singapore ini dipercaya menjabat presiden direktur di Telkomsigma, anak usaha Telkom, untuk periode Agustus 2010- Mei 2012.

Kariernya terus berlanjut hingga menjabat direktur Network & IT Solution Telkom. Pada Mei 2012-Desember 2014 ia diangkat sebagai direktur pada usia 39 tahun. Ketika itu Rizkan pun tercatat sebagai direksi termuda Telkom.

Meski belum lama menjabat sebagai Dirut Semen Indonesia, Rizkan langsung berhasil meningkatkan kinerja perusahaan secara signifikan sehingga membuatnya dinobatkan sebagai Best CEO 2016 dan CEO Inspiratif Jawa Tengah 2016. Rizkan Chandra juga berhasil membawa Semen Indonesia menyabet penghargaan sebagai best managed companies di ajang Asia’s Best Companies pada tahun yang sama.

Almarhum telah dimakamkan kemarin di pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat. (Ant/RO/E-1)

Komentar