Olahraga

Juara GP Silverstone 4 Kali Berturut-Turut, Hamilton Samai Rekor Clark

Ahad, 16 July 2017 22:42 WIB Penulis: Budi Ernanto

AP/Frank Augstein

PEMBALAP Mercedes Lewis Hamilton akhirnya membuktikan bahwa dirinya sangat menguasai Sirkuit Silverstone, Inggris. Bahkan posisi pole yang dia dapat dari sesi kualifikasi tidak mampu digoyang oleh para pembalap lain selama 51 putaran saat GP Inggris pada Minggu (16/7).

Kemenangan Hamilton itu pun membuatnya menyamai rekor legenda Formula 1 asal Inggris, Jim Clark, yang pernah empat kali berturut-turut menjadi juara di Silverstone sejak 2014. Hamilton kini juga tercatat sebagai pembalap yang lima kali menjadi juara di Silverstone sama seperti Clark dan Alain Prost.

“Tidak pernah mudah balapan di Silverstone, karena tampil di rumah sendiri. Tapi, saya sangat bangga dengan lancarnya dukungan suporter. Saya senang bisa membuat rakyat Inggris bangga. Kemenangan ini modal untuk menjadi juara dunia. Itu rencana saya,” ujar Hamilton, Minggu (16/7).

Selain Hamilton yang tampil gemilang, rekan satu timnya Valtteri Bottas, juga berhasil menjadi juara kedua. Bottas yang mendapat penalti dan start dari posisi kesembilan, mendapat keberuntungan bisa masuk ke urutan kedua karena ban kanan mobil pembalap Ferrari Kimi Raikkonen rusak di putaran ke-49.

“Saya sedang sial, tapi tetap beruntung karena mampu bertahan hingga akhir,” kata Raikkonen.

Namun, nampaknya memang Silverstone menjadi neraka bagi Ferrari karena tidak hanya Raikkonen yang harus puas dengan juara ketiga, Sebastian Vettel yang jadi pembalap utama tim berlogo kuda jingkrak itu juga mengalami kerusakan ban jelang putaran terakhir. Vettel yang awalnya dipastikan menjadi juara ketiga tergusur hingga urutan ketujuh.

Vettel sejak awal adalah pembalap yang paling berjuang keras di GP Inggris kali ini. Pria asal Finlandia, itu di putaran ke-14 terus dihalangi oleh pembalap Red Bull M Verstappen yang ngotot mempertahankan posisi ketiga. Namun, Verstappen akhirnya kecolongan karena harus masuk pit.

Vettel kembali mengalami kesulitan di putaran ke-43 karena Bottas semakin mendekati mobilnya. Meski mengaktifkan drag reduction system (DRS) hingga dua kali, Vettel di putaran ke-44 disusul oleh lawannya yang juga berasal dari Finlandia itu.

Selain Vettel, yang juga menjadi sorotan adalah pembalap Red Bull lainnya, yakni Daniel Ricciardo yang mampu finis di urutan kelima setelah memulai balapan dari urutan ke-19. Ricciardo seolah tidak merasa kesulitan ketika menyusul lawan-lawannya termasuk Fernando Aloso (McLaren) yang gagal finis dan mantan pembalap Ferrari Felipe Massa (Williams).

Meski gagal masuk podium, Vettel tetap berada di puncak klasemen dengan 177 poin atau terpaut satu poin dari Hamilton. Botta berada di urutan ketiga dengan 154 poin. Sementara di klasemen konstruktur, Mercedes yang berada di posisi teratas dengan raihan 330 poin, sedangkan Ferrari di urutan kedua dengan 275 poin. (OL-6)

Komentar