MI Anak

Sang Desainer Cilik Bersiap Pentas di Moskow

Ahad, 16 July 2017 05:01 WIB Penulis: Suryani Wandari/M-1

Ilustrasi -- MI/Seno

BAJU-BAJU beragam model dan ukuran itu digantung dengan rapi. Gambar desain baju hasil coretan tangannya pun dipajang di sebuah pigura besar. Selain itu, terdapat pola-pola baju yang digantung pada dinding ruangan yang menjadi galeri koleksi desainer cilik, Akeyla Naraya Alyandina.

Ya, di salah satu ruangan rumahnya yang berada di Taman Wisma Asri, Bekasi Utara, inilah Akeyla sering menuangkan ide dan kreasi mendesain busana untuk anak-anak, orang dewasa, perempuan maupun laki-laki lo sobat. Medi pun berkesempatan berbincang dengan Akeyla, Jumat (7/7).

Yuk berkenalan dengan Akeyla.

Tanpa sketsa

Di usia ke-7-nya, Akeyla memang sudah piawai mendesain baju. Hasil rancangannya sudah beberapa kali tampil dalam beberapa fashion show lo seperti Parade Fashion and Craft di Revo Town Bekasi Maret lalu. Saat itu ia menampilkan hasil rancangannya yang diperagakan 10 model, terdiri atas 5 model anak dan model dewasa dengan tema nuansa yang ceria.

Suka menggambar

Alasannya menjadi desainer, diakui Akeyla, ialah kesukaannya menggambar sejak kecil. “Aku sudah suka menggambar sejak umur 2 tahun. Ya, menggambar apa saja, tapi di usia 6 tahun, aku suka menggambar desain baju,” kata Akeyla yang kini siswa kelas 1 SD.

Karena melihat potensi Akeyla, orangtuanya mendukung sepenuhnya, bahkan memfasilitasinya untuk belajar. Akeyla pun belajar secara daring dengan Timiaschi Fashion Art bersama Kak Sascha Poespo untuk terus melatih kemampuannya.

Tak hanya itu, ia pun mampu mendesain baju tanpa sketsa dalam beberapa menit, bahkan langsung menggunakan spidol sehingga tak bisa dihapus. “Saya juga heran dia bisa berani langsung pakai spidol. Ia tak pernah menggunakan pensil dulu,” kata Ibu Inawati, ibunda Akeyla. Kini gambar rancangannya sudah banyak dan disimpan dalam buku album lo.

Jalan-jalan mencari ide

Dahulu, rancangan Akeyla menggambarkan kemewahan dan keglamoran, tapi sedikit demi sedikit ia memasukkan unsur tradisional ke rancangan bajunya. Hal ini disebabkan dalam proses mencari ide, Akeyla memiliki kiat khusus, yaitu jalanjalan ke beberapa tempat bersejarah sambil liburan. “Saat mencari ide biasanya aku jalan-jalan, seperti Museum Bahari, Jakarta. Akhirnya aku buat 10 baju dalam satu tema,” kata Akeyla.

Pada rancangannya ini, Akeyla mengombinasikan batik warna cokelat dengan kain bergambar perahu hingga pohon kelapa, yang nantinya dilukis sendiri oleh Akeyla. Keren, kan, sobat?

Kolaborasi dengan ibu

Kegemarannya mendesain baju rupanya menular dari sang ibu yang mempunyai usaha butik. Meskipun demikian, ibu Inawati menjelaskan tak pernah memberikan saran atau mengkritik desain rancangan Akeyla. Ya, ide rancangannya hanya ada di dalam otak dan imajinasinya sobat.

“Tapi model baju kita berbeda, kalau saya memang untuk diproduksi massal, beda dengan Akeyla yang eksklusif,”kata ibu Inawati.

Namun, untuk menciptakan baju dari gambar hingga bisa dipakai, sang ibulah yang mengeksekusinya. Ya, Ibu Inawati membuatkan pola dari gambar baju Akeyla, lalu pegawai butik milik Ibu Inawati menjahitnya.

Akeyla pun tetap ikut andil memilih bahan, jenis kain, hingga aksesori, seperti manik-manik ataupun bulu-bulu untuk mempercantik. Saat mencari bahan ke beberapa toko, Akeyla sembari membawa gambar rancangannya lo. Ia menyesuaikan materialnya dengan gambar desainnya.

Siapkan rancangan untuk Moskow

Sobat, Akeyla juga sekarang sedang diselimuti rasa bahagia lo, pasalnya ia tidak menyangka bisa membawa hasil rancangannya ke Fashion Show di Moskow, Rusia, Agustus nanti. “Pastinya senang apalagi hasil rancanganku bisa dilihat banyak orang. Sekarang sedang mempersiapkan kain shibori, yakni kain dengan teknik pewarnaan Jepang untuk bajunya nanti,” kata Akeyla membocorkan rancangan yang akan ditampilkan di Moskow nanti.

Ya, tema rancangan bertema Summer itu akan ia buat dari kain shibori yang ia warnai sendiri. Kain yang identik dengan warna merah muda dan putih dengan beragam motif itu terlihat cantik apalagi dengan desain indah dari tangannya. Tunggu penampilan Akeyla nanti ya sobat! (Suryani Wandari/M-1)

Komentar