Gaya Urban

Keselarasan dengan Pasangan

Ahad, 16 July 2017 01:01 WIB Penulis: Rio/M-3

MI/Adam Dwi

SALAH satu hal yang kunci keindahan Kizomba Dance ialah keselarasan antara gerakan langkah kaki, tangan, dan badan, baik di diri sendiri maupun dengan pasangan.

Karena itu kekompakan dengan pasangan tari menjadi sangat penting. Kekompakan ini akan memudahkan dalam mengingat gerakan tari. Pasangan tari harus bisa saling mengingatkan karena dengan banyaknya gerakan, akan sulit jika hanya mengandalkan ingatan masing-masing. Terlebih bagi mereka yang sudah berusia lanjut.

Hal ini pula yang dikatakan Jay Jarana, salah satu penari. Di sisi lain, menurutnya, kekompakan itu jangan hanya terpatok pada pasangan tertentu.

Para penari harus bisa luwes menciptakan kekompakan dengan pasangan mana pun yang didapatkan. Karena itu ia merasa kelas latihan dengan pasangan berganti-ganti, seperti yang dibuat Virginie Petricola, dapat melatih kemampuan menciptakan kekompakan.

“Di sini memang butuh kekuatan daya ingat dan sinkronisasi gerakan kaki, tangan, tubuh serta mengarahkan pasangan jika mengalami lupa gerakan. Di situlah mengapa dalam kelas kita selalu berubah pasangan setiap gerakan supaya lebih mengenal satu sama lain,” jelas Jay.

Selain itu, Jay mengaku kerap berlatih menari Kizomba Dance ini sangat membantu dirinya menjaga stamina tubuh. Meski kerap terlihat gerakan yang sederhana dan tidak memakan banyak energi, ia tetap merasa banyak manfaat yang didapat.

“Memang kelihatannya mudah, tapi kalau latihan 1 jam sampai 2 jam, sama saja seperti olahraga lain. Kita dipaksa tak hanya berlatih fisik, tetapi pikiran untuk mengingat setiap gerakan. Itu cukup menantang bagi saya,” pungkas Jay. (Rio/M-3)

Komentar