Olahraga

Etape I Tour de Flores Dimenangi Pembalap Australia

Jum'at, 14 July 2017 17:37 WIB Penulis: Palce Amalo

ANTARA

PEMBALAP sepeda asal Australia Drew Morey menjuarai etape pertama Tour de Flores 2017. Dia finis terdepan dengan catatan waktu 3 jam 28 menit 2 detik untuk etape yang memanjang dari Larantuka ibu kota Flores Timur menuju Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka, sejauh 136,3 kilometer.

Sepanjang lomba, Drew dari Tim Trengganu Cycling Malaysia bersaing ketat dengan pembalap Indonesia Jamal Hibatullah dari KFC Cycling Team. Tertinggal dua detik dari pebalap Australia itu, Jamal harus puas finis di urutan kedua.

Finis ketiga ialah pembalap Jepang Genki Yamamoto dari Kinan Cycling Team. Ia terpaut 10 detik dari Drew Morey.

Kendati hanya finis urutan kedua, Jamal dinobatkan sebagai Best Indonesian Rider, Best ASEAN Rider, dan Best Asian rider. Sedangkan gelar Best Climber atau yang mengumpulkan nilai terbanyak di King of Mountain ialah Wu Chih Hao dari Action Cycling Team.

Selanjutnya gelar Best Sprinter atau yang meraih nilai terbanyak dalam sesi sprint diraih Hyeongmin Choe dari Geumsan Insam Cello. Untuk kategori tim terbaik diraih KFC Cycling Team.

Etape pertama Tour de Flores diikuti 90 peserta dari 23 negara yang tergabung dalam 18 tim. Peserta dilepas Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya dari Larantuka, Jumat (14/7) pagi.

Pada Tour de Flores, peserta akan menempuh jarak 721,6 km hingga Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Rute Tour de Flores dibagi menjadi enam etape yakni Larantuka-Maumere, Maumere-Ende, Ende-Mbay, Mbay-Borong, Borong-Ruteng, dan Ruteng-Labuan Bajo.

Pada saat melepas peserta, Frans minta seluruh warga Flores menyambut peserta balap sepeda dengan ramah. "Kita harus tunjukkan kepada dunia bahwa Flores itu ramah dan aman," ujarnya.

Menurutnya ajang balap sepeda tersebut sangat penting karena mempromosikan Flores ke seluruh dunia.

"Manfaat Tour de Flores tidak dirasakan saat ini saja tetapi di masa waktu mendatang. Ekonomi masyarakat akan tumbuh dan Flores akan menjadi pusat pariwisata dunia," katanya. (X-12)

Komentar