Gaya Urban

Berbagi Ilmu Nutrisi

Ahad, 9 July 2017 05:01 WIB Penulis: Rio/M-3

DOK. CHRISTIN WIJAYA

TAK hanya melulu berolahraga dan bersepeda, para anggota Woman Cycling Community (WCc) juga dilatih dan berbagi informasi tentang asupan nutrisi yang baik untuk mendukung tubuh selama bersepeda. Tubuh tidak melulu harus dipaksa berlatih tanpa adanya asupan nutrisi yang seimbang.

Shandy Tengkano, salah satu anggota WCC yang memiliki pengetahuan cukup luas tentang asupan nutrisi, dijadikan sumber ilmu oleh komunitasnya. Dirinya pun dengan senang hati mengingatkan poin-poin utama untuk menjaga tubuh agar tetap bugar serta fit saat bersepeda.

"Saya selalu menerapkan (istilah) new start ke diri saya sendiri dan teman-teman di WCC yang terdiri dari nutrtion, exercise, water, sunshine, temperance, air, rest dan yang terakhir adalah trust in God," jelas Shandy.

Lebih lanjut, Shandy menuturkan pada umumnya setiap manusia, terlebih penyuka olahraga, sangatlah butuh pola tidur yang cukup yakni 8 sampai 9 jam, minum air minimal 3 liter sehari dan mengonsumsi buah serta sayuran. Selain itu, kandungan karbohidrat yang banyak dihindari ternyata sangatlah penting.

"Saya selalu sarankan setiap mau gowes, apalagi jaraknya jauh sangatlah butuh karbohidrat. Bahkan tak hanya sebelum gowes, kalau bisa sehari atau dua hari seseorang sudah mengonsumsi karbohidrat dalam tingkatan yang cukup. Karena saat gowes, tubuh sangatlah membutuhkan karbohidrat untuk dibakar nantinya," tutur perempuan 35 tahun itu.

Pemenuhan nutrisi itu sangat penting agar tubuh tetap sehat. Jika hal itu tidak dipenuhi, aktivitas fisik justru bisa membuat tubuh sakit.

"Banyak orang yang sudah latihan maksimal, tapi tidak memperhatikan nutrisinya. Kalau menurut saya itu sama saja. Karena untuk benar-benar mendapatkan hasil latihan yang maksimal untuk tubuh, kandungan nutrisi itu sangatlah penting," pungkasnya.

Komentar