Otomotif

Audi Siapkan Suspensi Aktif untuk A8 Terbaru

Kamis, 6 July 2017 09:50 WIB Penulis:

MI/RAMDANI

AUDI berencana merilis suspensi aktif pada sebuah sedan cerdas A8.

Perangkat ini akan dipasangkan pada komponen anti-roll bar untuk mengurangi efek bodyroll saat menikung, merunduk saat direm, maupun mendongak saat akselerasi.

Suspensi cerdas yang mampu menyesuaikan kondisi permukaan jalan di depan kendaraan ini ditenagai kelistrikan kendaraan bertegangan 48 volt.

Setiap titik roda ditangani sebuah motor listrik yang dapat menghasilkan kekuatan tekanan hingga 1.100 Nm pada suspensi melalui sebuah batang kopling.

Pada Audi A8 terbaru kelak memiliki kamera di bagian depan untuk mendeteksi kontur permukaan jalan.

Kamera ini mampu memindai dengan kecepatan 18 kali per detik dan mengirimkan data pada sebuah prosesor yang kemudian digunakan untuk menyesuaikan suspensi untuk menghadapi kondisi jalan di depannya.

Pihak Audi mengklaim, sistem elektromekanikal ini mampu memberikan pengendaraan yang halus tanpa berdampak negatif pada pengendalian.

Menyoal pengendalian, Audi mengatakan kombinasi adaptive front wheel steering dan rear wheel steering akan membuat pengendalian A8 serasa bagai mengemudikan mobil berukuran kecil.

Pada kecepatan rendah, sistem mampu membuat radius putar Audi A8 lebih kecil dari Audi A4 sehingga lebih lincah di jalan sempit.

Sementara itu, pada kecepatan tinggi, sistem ini akan memberikan stabilitas. (newatlas.com/Cdx/S-2)

Komentar