WAWANCARA

Si Pecinta Basket

Ahad, 2 July 2017 10:31 WIB Penulis: (Rio/M-4)

MI/ADAM DWI

MENJADI Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat selama tiga setengah tahun tentunya menjadi pengalaman yang luar biasa bagi Dino Patti Djalal. Selain beragam tugas diplomat yang tentunya harus dijalankan, Dino beruntung bisa tinggal di negara penggila olahraga bola basket itu. Ia merasa sangat beruntung karena dirinya dengan anak laki-laki keduanya, Keanu Dwibuana Djalal, memiliki hobi bermain bola basket. Bahkan setiap hari, dirinya bersama Keanu menyempatkan bermain basket selama 30-45 menit untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

“Saya hobi basket sejak masih muda, jadi pas sekali saya ditempatkan di negara yang terkenal dengan NBA-nya. Kebetulan di rumah dinas saya juga ada lapangan basket, jadi saya sama anak kedua saya setiap pagi selalu bermain basket dulu,” kenang Dino. Penggemar klub basket Golden State Warrior itu juga menurunkan hobi basket itu ke Keanu. Bahkan, ia tak ragu menyuruh anaknya bermain dengan orang asli Amerika yang memiliki postur tubuh jauh lebih besar dan lebih tinggi daripada anaknya itu.

“Ketika sekolah saya bilang ke anak saya jangan hanya main di rumah, tapi ikut latihan di tim sekolah biar kamu menambah pengalaman dan jam terbang. Apalagi teman-teman kamu kan pasti badannya lebih besar dan mainnya lebih fight ketimbang kita orang Asia,” ucap Dino ke anaknya. Ketika sudah kembali ke Indonesia, Dino bersama anaknya itu pun tak langsung melupakan hobi itu. Kebetulan, tak jauh dari rumahnya yang berlokasi di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, juga memiliki lapang­an basket yang kerap ramai saat pagi dan sore hari. “Nah jadi saya selalu bermain basket saat pagi atau sore hari sama anak dan teman-teman kompleks saya. Itu selalu saya lakukan setiap hari supaya tubuh enggak kaku dan tentunya selalu sehat,” pungkas Dino. (Rio/M-4)

Komentar