Features

Malia dan Sasha Obama Main Air di Kolam Para Raja

Jum'at, 30 June 2017 18:41 WIB Penulis: Irana Shalindra

Ist

MESKI telah lewat jam operasi pada pukul 15.00 WIB, halaman gerbang utama Taman Sari, Yogyakarta, tetap dipadati pengunjung, pada Kamis (29/6) petang.

Kebanyakan dari mereka sedang menanti Taman Sari dibuka kembali, sembari berkasak-kusuk. Rupanya, pada siang harinya objek wisata itu sempat ditutup sejenak menyambut kehadiran dua putri Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama.

Sekitar pukul 15.00 WIB, Malia dan Sasha Obama tiba di taman pemandian yang dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I tersebut. Kehadiran mereka sempat tidak diketahui masyarakat sekitar. Itu karena rombongan tidak melewati pintu utama yang lazim digunakan pengunjung, tapi melewati pintu Pasar Ngasem.

Pengawalannya pun tidak tampak berlebihan. Itu antara lain terlihat dari kendaraan unit yang dipakai rombongan, berupa beberapa unit Kijang Innova dan mobil polisi. Malia dan Sasha sendiri terlihat berpenampilan casual, dengan mengenakan kaos dan celana tiga perempat serta jeans.

"Iya, mereka lewat jalan belakang," terang Turut, pemandu wisata Taman Sari, seusai mengantar kepulangan kedua putri Barack dan Michelle Obama dari gerbang utama Taman Sari pada pukul 16.30 WIB.

Rencana kehadiran Malia dan Sasha, menurut Turut, baru diinformasikan kepadanya pada Kamis pagi. "Saya diberitahu tadi pagi. 'Pak Turut, nanti ada kedatangan putri-putri Obama, tolong ditemani.' Saya jawab, 'Siap'," tuturnya.

Ia mengatakan, tidak banyak interaksi yang dilakukan pihaknya dengan Malia dan Sasha saat mereka bertandang. Pasalnya, dua perempuan belia itu menurut Turut didampingi orang lokal yang juga memberi penjelasan-penjelasan perihal objek wisata kompleks Taman Sari kepada mereka.

"Saya tidak tahu itu staf atau keluarganya yang sudah pernah ke Taman Sari. Tapi kami ikut menemani blusukan, dari Pasar Ngalam, Pulo Cemeti, keliling Kampung Cyber, baru ke taman pemandian," ungkapnya.

Di dalam kompleks kolam pemandian, lanjutnya, Malia dan Sasha sempat bermain air. Tepatnya di kolam paling selatan, yaitu Umbul Panguras yang pada zaman dahulu adalah kolam khusus bagi Sri Sultan, alias para raja.

Selain Umbul Panguras, ada dua kolam lain di Taman Sari yaitu Umbul Kawitan (kolam untuk putra-putri raja) dan Umbul Pamuncar (kolam untuk para selir).

"Tapi bukan main air nyemplung gitu lho, ya hanya tangannya saja, dipercik saja," ucap Turut. (OL-4)

Komentar