Film

Peta Rancangan Disneyland Pertama Terjual Rp9,4 Miliar

Selasa, 27 June 2017 01:30 WIB Penulis: Purba Wirastama

Peta Disneyland (Foto: Vegalleries)

SETAHUN sebelum membangun Disneyland pertama di California pada 1954, Walt Disney menggambar sebuah peta rancangan bersama Herb Ryman sebagai bahan presentasi. 64 tahun berselang, peta ini dilelang dan menembus rekor angka penjualan peta-peta Disneyland.

Seperti diberitakan The Hollywood Reporter, peta buatan Walt dilelang ke publik bersama ratusan artefak Disneyland lain pada Minggu 25 Juni 2017. Peta tersebut terjual di angka USD 708 ribu atau sekitar Rp 9,4 miliar, dan menjadi salah satu barang Disneyland termahal yang dijual di pasar umum.

Menurut katalog lelang di laman Van Eaton Galleries, peta ini digambar dan diwarnai dengan tangan oleh Walt dan Herb. Mereka mengerjakan pada 26-27 September 1953, seminggu sebelum Roy Disney membawanya ke New York untuk dipresentasikan.

Setelah pembangunan taman Disney berjalan pada tahun 1954, peta ini digunakan beberapa kali dalam presentasi dengan tim desainer, pengembang, serta calon investor lain. Taman tematik pertama Disneyland ini dibuka secara resmi pada 17 Juli 1961.

Walt memberikan peta kepada Grenade Curran sahabatnya pada tahun 1955. Setelah itu barang berpindah ke kolektor seni Ron Clark sekitar tahun 1970-an. Pelelangan pada hari Minggu kemarin adalah kali pertama peta muncul kembali ke publik.

Disneyland merupakan satu dari taman bermain yang dimiliki oleh Walt Disney Company. Diawali sebagai studio animasi pada tahun 1923, WDC adalah perusahaan konglomerasi media yang punya beragam lini bisnis hiburan. Mereka juga memiliki kanal TV, penerbitan, serta sejumlah rumah produksi seperti Marvel Studios, Pixar, dan Lucasfilm. (MTVN/OL-7)

Komentar