Mudik

Arus Mudik Lintas Selatan Lancar

Rabu, 21 June 2017 09:20 WIB Penulis: Kristiadi

MI/Ramdani

JUMLAH kendaraan pemudik yang menggunakan ruas jalan lintas selatan dari arah Bandung dan Jakarta menuju Tasikmalaya, Ciamis, dan Cilacap hingga kemarin masih ramai lancar. Puncak arus mudik di jalur itu dipastikan terjadi menjelang akhir pekan. "Kondisi sekarang masih lancar.

Puncak peningkatan arus mudik yang melalui lingkar Gentong yaitu pada Kamis (22/6) malam dan Jumat (23/6)," kata Kasat Lantas Polres Tasikmalaya Kota AK Sofyan Effendi, kemarin. Sofyan mengatakan kendala di jalur ini ialah adanya pasar tumpah Limbangan. Selain itu, jalur tersebut masih gelap karena belum memiliki lampu penerangan. Pemudik yang melewati jalur tengah dan selatan di wilayah Banyumas dan Cilacap, Jawa Tengah, juga harus mewaspadai potensi hujan lebat.

Pengamat cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Cilacap, Rendi Krisnawan, menyebut hujan berpotensi turun di kedua wilayah hingga beberapa hari ke depan. Hal itu juga mengakibatkan Kementerian Pekerjaan Umum telah menyiapkan posko penanganan bencana di ruas Ajibarang- Wangon, Banyumas, dan di perbatasan Jateng-Jabar, yaitu di Cimanggu, Cilacap.

"Kedua posko dilengkapi dengan alat berat dan truk," ungkap pejabat pembuat komitmen (PPK) pelaksanaan jalan nasional (PJN) wilayah perbatasan Jateng-Jabar, Djoko Satrio. Pemudik juga perlu hati-hati jika melalui jalur Ponorogo- Trenggalek, Jawa Timur, yang merupakan alternatif utama jika jalur lintas selatan, tepatnya di Caruban, Madiun- Wilangan, Nganjuk, macet. Pasalnya masih terdapat dua titik badan jalan yang longsor dan belum diperbaiki. Menurut Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Ponorogo, Djunaedi, longsor terdapat di Desa Sawoo dan Desa Pangkal, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo.

"Ancaman kemacetan juga bakal terjadi di jalur ini karena diberlakukan sistem buka-tutup," ujarnya. Sementara itu, Kapolda DIY Brigadir Jenderal Ahmad Dofi ri mengatakan pihaknya sudah mengaktifkan pos pengamanan dan pelayanan serta menyiapkan sistem rekayasa lalu lintas terutama di jalur yang menuju daerah wisata seperti Parangtritis.

Persiapan penyambutan pemudik juga dilakukan Bupati Temanggung, Jawa Tengah, Mulyadi Bambang Sukarno. Dia memperkirakan akan ada ratusan ribu pemudik yang akan memasuki Temanggung. "Mulai dari infrastruktur jalan dan jembatan, juga pos-pos pelayanan dan pengaman, semua sudah siap," tegasnya.

Jalintim Sumsel aman

Di Sumatra Selatan, Gubernur Alex Noerdin menyebut kondisi jalan di daerahnya sudah bagus untuk dilewati para pemudik. "Jalan rusak dan berlubang sudah ditambal. Insya Allah lancar dan tidak ada masalah lagi selama arus mudik dan arus balik," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja Wilayah I BBPJN Wilayah V, Dedy Mandarsyah, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan posko pengawasan perbaikan di jalan akses Betung-Jambi serta di akses Kayu Agung-perbatasan Lampung. (Tim Media/X-11)

Komentar