Renungan Ramadan

Bingkisan Terus Mengalir di Bulan Suci

Selasa, 20 June 2017 07:26 WIB Penulis: Tesa Oktiana Surbakti

ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

BULAN suci Ramadan dimanfaatkan masyarakat dan perusahaan-perusahaan pemerintah maupun swasta untuk berbagi kepada sesama. Melalui pemberian bingkisan dan buka puasa bersama, mereka berbagi dengan tulus.

PT Pertamina (persero) bersama 31 BUMN lainnya, misalnya, pada Sabtu (17/6), secara serentak menyalurkan 60 ribu paket Bingkisan Ramadan BUMN Hadir untuk Negeri di 40 masjid yang tersebar di wilayah Surabaya, Jawa Timur, dan Semarang, Jawa Tengah. Kegiatan yang digelar bersamaan dengan momentum Ramadan 1438 H/2017 itu menjadi salah satu bagian dari kehadiran BUMN di tengah-tengah masyarakat dalam membantu meringankan beban kebutuhan sehari-hari.

Menteri BUMN Rini Soemarno dalam arahannya pada kegiatan yang sama di Jakarta sebelumnya mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan salah satu bentuk sinergi BUMN dalam mewujudkan kepedulian kepada masyarakat. “BUMN adalah bagian dari masyarakat Indonesia, memiliki kontribusi membangun negeri tanpa kecuali. Salah satunya dengan kegiatan Pembagian 260 ribu paket bingkisan Ramadan di 140 titik di Jabodetabek, Surabaya, dan Semarang sebagai bentuk kepedulian BUMN untuk membantu mereka yang membutuhkan di saat Ramadan tahun ini,” jelasnya melalui keterangan resmi, Sabtu (17/6).

Di Surabaya, pembagian bingkisan, antara lain dilakukan Pertamina di Masjid Raudlatul Falah, Ngagel Rejo Kidul. Sebanyak 1.500 bingkisan diserahkan General Manager MOR V Herman M Zaini. Kegiatan pembagian 60 ribu bingkisan di 40 titik di Surabaya dan Semarang hari ini ialah agenda BUMN yang sudah dilaksanakan dari tahun ke tahun.

Bingkisan itu berupa paket kebutuhan pokok yang antara lain terdiri dari beras, minyak goreng, gula pasir, biskuit, sirop, dan kecap senilai Rp200 ribu.

Tukang becak
Sementara itu, Hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta, menggelar kegiatan berbagi melalui buka puasa bersama anak-anak panti asuhan dan paguyuban pengemudi becak Jalan Malioboro yang ada di sekitar Hotel Inna Malioboro. Ada sekitar 200 orang yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Sebelum berbuka puasa, anak-anak panti asuhan diajak untuk hotel tour. Cara ini dilakukan untuk mengenalkan fasilitas hotel yang sebelumnya bernama Hotel Grand Inna Garuda itu kepada mereka. Acara kemudian dilanjutkan dengan tausiah yang dipimpin Ustaz Hasan Abdullah menjelang berbuka puasa dan buka bersama.

Setelah itu, mereka salat magrib, isya, dan tarawih berjemaah. Acara diakhiri dengan pemberian tali asih. “Ini acara rutin yang kami lakukan setiap tahun untuk saling berbagi,” kata General Manager Grand Inna Malioboro, Agus Arif Wibawanto, Jumat (16/6).

Di Karawang, Jawa Barat, PT Tatar Kertabumi, anak perusahaan Agung Podomoro Land (APL), menyantuni 200 anak yatim dalam kegiatan buka puasa bersama yang dilaksanakan di Taruma Leisure Waterpark Grand Taruma.

Chief Executive Officer (CEO) PT Tatar Kertabumi Franky M Martono mengatakan, buka puasa bersama sekaligus memberikan santunan kepada anak yatim merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada lingkungan sekitar. Menurutnya, momentum bulan Ramadan sesuai dengan ajaran agama, merupakan momen berharga untuk melakukan hal nyata kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Ini merupakan wujud rasa kebersamaan kami. Acara ini melibatkan 200 anak yatim yang berada di sekitar perusahaan. Kami ingin berkontribusi kepada masyarakat, terutama anak yatim,” kata Franky. Ia mengaku bersyukur mampu berbagi sekaligus menyaksikan keceriaan anak-anak yatim saat buka puasa bersama. (AT/CS/H-2)

Komentar